DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 22:47 WIB

Antisipasi Aksi 22 Mei, Kereta dari Gambir akan Berhenti di Jatinegara

Danu Damarjati - detikNews
Antisipasi Aksi 22 Mei, Kereta dari Gambir akan Berhenti di Jatinegara Ilustrasi (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Massa aksi 22 Mei 2019 diprediksi bakal menyumbat arus calon penumpang kereta api yang hendak berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Supaya calon penumpang tak perlu menuju ke Gambir, kereta api dari Gambir bakal menjemput penumpang di Stasiun Jatinegara.

Sebagaimana keterangan pers PT KAI, Selasa (21/5/2019), itu adalah rekayasa pola operasi pemberangkatan kereta api yang diterapkan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta guna mengantisipasi kondisi lalu lintas pada 21 hingga 22 Mei besok. Rekayasa ini bernama 'Berhenti Luar Biasa'.



"Biasanya KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara. Namun khusus hari ini, KA yang berangkat dari Stasiun Gambir akan berhenti juga di Stasiun Jatinegara untuk proses naik-turun penumpang," kata Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa.

"Hal ini untuk memudahkan calon penumpang KA yang kesulitan menuju Stasiun Gambir karena terkena imbas kemacetan. Sebagai alternatif, mereka bisa berangkat dari Stasiun Jatinegara dengan rekayasa pola operasi pemberangkatan ini," kata Eva.



Rekayasa pola operasi pemberangkatan KA ini akan dilakukan pada Rabu (22/5) mulai pukul 05.25 WIB sampai pukul 23.00 WIB, berlaku mulai keberangkatan KA 20A (Argo Parahyangan) tujuan Bandung sampai dengan 7098 (Argo Parahyangan Tambahan) tujuan Bandung. Keseluruhan, ada 33 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, yang akan direkayasa pola operasi pemberangkatannya.

Antisipasi Aksi 22 Mei, Kereta dari Gambir Akan Berhenti di JatinegaraKereta api yang nantinya berhenti sejenak di Stasiun Jatinegara untuk menaik-turunkan penumpang, 22 Mei 2019. (Dok PT KAI)

Kawasan menuju Stasiun Gambir menjadi salah satu jalan pengalihan lalu lintas untuk mengantisipasi aksi 22 Mei. Kepadatan kendaraan di area Stasiun Gambir bisa mengakibatkan calon penumpang KA terjebak macet dan kesulitan menuju Stasiun Gambir.
(dnu/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed