DetikNews
2019/05/21 21:22:22 WIB

Round-Up

Akui Jokowi, PAN Melawan Arah Koalisi

Tim Detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Akui Jokowi, PAN Melawan Arah Koalisi Foto: Zulkifli Hasan bersama Jokowi. (Rengga Sancaya/detikcom).
Jakarta - PAN mengakui kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Sikap PAN itu berbeda dengan Koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang menyatakan menolak hasil Pilpres.

Sikap PAN soal pengakuan atas kemenangan Jokowi-Ma'ruf disampaikan langsung oleh sang ketum, Zulkifli Hasan. Soal sikap kubu 02 yang menolak hasil pemilu, ia menyarankan untuk menempuh jalur konstitusi lewat Mahkamah Konstitusi.

"Kita mengakui kemenangan Pak Jokowi, pileg, dan DPD dengan beberapa catatan, tadi 5 dapil kami gugat. Soal pilpres, kami akui hasil KPU dan BPN punya hak untuk menggugat ke MK. Ditunggu tiga hari ke MK," kata Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/5/2019).


Ketua MPR ini mengingatkan lembaga resmi untuk sengketa bila ada kecurangan atau argumentasi. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, menurutnya, bisa menempuh jalur ke MK.

"Jadi kita masuk ke institusi resmi. Di situ bisa bertarung tapi dalam gedung. Tarung data. Perhitungan. Itu koridor konstitusi. Kalau ada yang mendemo pasti tidak ingin rusuh," tegasnya.

Zulkifli tak merinci apakah pihaknya akan tetap ada di barisan Prabowo-Sandiaga yang melawan hasil pemilu di MK. Ia sekali lagi menegaskan menerima hasil Pemilu 2019 yang telah diumumkan KPU dini hari tadi.

"PAN sudah tanda tangan hasil rekapitulasi. Tidak ada lagi berita simpang siur. Kami mengakui hasil KPU," kata Zulkifi.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed