detikNews
Selasa 21 Mei 2019, 21:18 WIB

ART di Rumah Duka Atmajaya Tewas Dianiaya Majikan, Tidak Dikasih Makan 4 Hari

Eva Safitri - detikNews
ART di Rumah Duka Atmajaya Tewas Dianiaya Majikan, Tidak Dikasih Makan 4 Hari Foto: Ilustrasi penemuan mayat bayi (Dok detikcom)
Jakarta - Polisi menemukan sejumlah luka di jasad Ati (20) asisten rumah tangga (ART) yang disemayamkan di Rumah Duka Atmajaya, Penjaringan, Jakarta Utara. Polisi mengatakan Ati tewas dianiya majikannya berinisial TVL.

"Keterangan dari hasil proses penyidikan yang kami lakukan dari saksi maupun hasil autopsi kita menyimpulkan bahwa ada beberapa luka akibat benda tumpul, jadi kan selama ini si korban sering ditindak oleh majikannya kalau memang dia melakukan kesalahan," ujar Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto ketika dimintai konfirmasi, Selasa (21/5/2019).


Budhi menuturkan TVL sudah ditetapkan jadi tersangka. TVL disebut kerap melakukan kekerasan jika korban tidak bekerja dengan baik.

"Misalnya kerjanya nggak sesuai, misalnya suruh setrika katanya nggak rapih, dan nggak bagus, terus sering tidur-tidur, atau mungkin pernah katanya sering dituduh mengambil makanan, sama mengambil uang receh," ujarnya.

Korban diketahui sudah bekerja selama 4 tahun. Namun. kekerasan dialaminya semakin intensif sejak satu bulan terakhir.

"Ya, kalau bekerja sudah 4 tahun, tapi intensif sering dianiayanya ini kurang lebih satu bulan terakhir ini," jelas Budhi.

Bahkan, kata Budhi, TVL sempat menganiaya korban dan tidak dikasih makan selama empat hari lalu dikurung di dalam kamar mandi. Hingga akhirnya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

"Ya kalau yang berdasarkan keterangan kami dapat si korban ini meninggal di dalam kamar mandi, dikunci di dalam kamar mandi karena dihukum, sebelumnya dia udah dihukum tidak dikasih makan kurang lebih 4 hari, jadi memang kondisi sudah lemes," ucapnya.


Selanjutnya polisi tengah menyelidiki majikan lelaki atau suami tersangka. Budhi menjelaskan tidak menutup kemungkinan adanya keterlibatan sang suami.

"Sementara majikan perempuan yang kita jadikan tersangka saat ini, tapi ya tidak menutupi kemungkinan dari proses penyidikan yang kita lakukan apakah nanti suaminya juga terlibat, minimal membantu terjadinya tindakan itu ya masih kita lihat," jelasnya.

Sebelumnya, Ati (20) ditemukan tewas di dalam kamar mandi sebuah rumah di Muara Karang, Pluit, Jakarta Utara Senin (20/5) dan semayamkan di Rumah Duka Atmajaya. Diduga meninggal tidak wajar, jasad korban lalu diautopsi.
  • ART di Rumah Duka Atmajaya Tewas Dianiaya Majikan, Tidak Dikasih Makan 4 Hari
    Foto: Ilustrasi penemuan mayat bayi (Dok detikcom)
  • ART di Rumah Duka Atmajaya Tewas Dianiaya Majikan, Tidak Dikasih Makan 4 Hari
    Foto: Thinkstock

(eva/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com