DetikNews
2019/05/21 19:45:30 WIB

Round-Up

Dinamika Keputusan BPN hingga Akan ke MK

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dinamika Keputusan BPN hingga Akan ke MK Prabowo-Sandiaga (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berubah sikap. Semula, mereka tegas tak akan membawa persoalan sengketa Pemilu 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Namun dinamika politik terjadi, BPN berubah keputusan, mereka hendak membawa sengketa pemilu ke hadapan hakim konstitusi.

Pada 14 Mei 2019, Prabowo berbicara dalam simposium 'Mengungkap Fakta Kecurangan Pemilu 2019' di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Dia menegaskan tak bisa menerima ketidakadilan dan ketidakjujuran penghitungan Pemilu 2019. Kemudian, Juru Kampanye Nasional Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Muhammad Syafii, menyampaikan pihaknya tak mempercayai jalur hukum yang disediakan negara, yakni MK, untuk menyelesaikan sengketa pemilu.



"MK telah berhasil membuat kami tidak memiliki kepercayaan bahwa mereka akan melakukan persidangan secara objektif," katanya di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Anggota Dewan Pengarah BPN Fadli Zon mengatakan tidak akan membawa bukti dugaan kecurangan Pemilu 2019 ke MK. Ia mengaku kecewa terhadap MK.

"Jalur MK itu adalah jalur yang dianggap oleh teman-teman itu dianggap jalur yang sia-sia. Pengalaman dari yang lalu," kata Fadli.



"Pengalaman mengajukan ke MK pada 2014 dengan sejumlah bukti kecurangan yang begitu besar, berkontainer-kontainer. Waktu itu saksinya memang kita bagi tugas, ada dari PKS. Tapi tidak ada satu boks pun yang dibuka MK. Jadi MK itu nggak ada gunanya dalam persoalan memberikan judgement soal pemilu karena pengalaman yang lalu," lanjut Fadli.

BPN sempat menyatakan akan menempuh jalur MK, namun khusus untuk sengketa Pemilu Legislatif 2019. Adapun untuk menyelesaikan sengketa Pilpres 2019, mereka tetap emoh ke MK. Sengketa Pilpres 2019 akan coba diselesaikan lewat laporan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed