DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 19:22 WIB

Bertemu Jokowi, Cak Imin Siap Jika Ditugaskan Jadi Ketua MPR atau Menteri

Ray Jordan - detikNews
Bertemu Jokowi, Cak Imin Siap Jika Ditugaskan Jadi Ketua MPR atau Menteri Foto: Cak Imin (Grandyos Zafna)
Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin juga menemui calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) untuk mengucapkan selamat atas kemenangan Pilpres 2019. Dalam pertemuan itu, Cak Imin mengaku siap diperintahkan Jokowi untuk jadi pimpinan MPR ataupun menteri.

Cak Imin mengatakan kedatangannya menemui Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta untuk mengucapkan selamat atas kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Kemenangan itu menjadi kebahagian buat PKB dan kader NU.


"Kita datang khusus memberi ucapan selamat kepada Pak Jokowi yang alhamdulillah keputusan tadi pagi KPU telah memenangkan pasangan 01 Pak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin. Tentu kebahagian buat warga PKB, warga NU, warga masyarakat bangsa atas kemenangan 01. Kami bersyukur dan mengundang beliau di syukuran acara PKB dan NU," kata Cak Imin di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019).

Cak Imin mengaku banyak yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Termasuk soal raihan PKB dalam Pemilu 2019 yang katanya berhasil menambah 12 kursi untuk DPR RI.

"Banyak kita bicara. Beliau ucapkan selamat pada PKB naik 12 kursi DPR RI, kemudian persentase naik juga kasih ucapan selamat. Kemudian bicara format pemerintahan ke depan. Saya hanya titip 3, yakni pendidikan harus berkualitas, usaha kecil menengah dan ketiga dakwah dan sosial kemasyrakatan," jelasnya.

Namun ada pembicaraan lain dalam pertemuan itu. Yakni pembahasan soal jabatan.

"Saya cuma bilang saya siap perintah ajalah. Mau jadi ketua (MPR) mau, jadi menteri terserah," katanya.

Saat disinggung bahwa Partai Golkar juga dikabarkan mengincar kursi Ketua MPR, Cak Imin memberi tanggapan. Dia mengatakan sebaiknya ada komposisi yang harus dipertimbangkan.

"Ya tentu, kan dulu ketua DPR dari nasionalis Novanto, Bamsoet, Ketua MPR dari agamais Zulkifli Hasan. Nah komposisi nasional jadi pertimbangan juga," katanya.


Cak Imin pun mengatakan PKB akan berembuk dengan partai lain termasuk Golkar untuk posisi tersebut. "Ya kita lagi berembuklah. Jadi nanti Golkar ngajuin siapa, PKB ngajuin siapa, yang lain ngajuin siapa. Nanti kita tentu pada akhirnya kita bawa dalam rapat koalisi," katanya.

"Jadi apapun siap. Sekarang pun jadi Wakil Ketua MPR masa Wakil Ketua MPR lagi. Minimal," kata Cak Imin saat ditanya kesiapannya untuk menjadi menteri ataupun Ketua MPR.

"Ya kita berharap seperti itu tapi terserah beliau (Jokowi). Kita menyerahkan pada beliau. Kalau doa, 10, doa. Namanya juga doa. Tapi semua terserah beliau," imbuhnya.



Simak Juga 'Golkar-PKB Berebut Kursi MPR, Begini Respons Jokowi?':

[Gambas:Video 20detik]


(jor/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed