DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 19:22 WIB

Golkar akan Perkarakan Hasil Pileg di 9 Daerah ke MK

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Golkar akan Perkarakan Hasil Pileg di 9 Daerah ke MK Foto: Konferensi pers Fraksi Golkar. (Nur Azizah/detikcom).
Jakarta - Partai Golkar akan melaporkan hasil pemilu legislatif (Pileg) 2019 di 9 daerah ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu sebagai upaya menyelesaikan sengketa di luar partai.

"Sampai saat ini ada 9 laporan yang akan kita sampaikan ke Mahkamah Konstitusi. Jadi, yang kita selesaikan (masalah) internal di internal (partai), yang kita selesaikan eksternal melewati Mahkamah Konstitusi," kata Sekretaris Fraksi Golkar DPR RI Adies Kadir di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Adies lalu menyebutkan beberapa daerah yang akan disengketakan ke MK. "Ada dari Sulawesi Selatan, ada dari Sumatera Barat, ada dari Maluku, ada dari Jawa Barat, pokoknya ada 9," jelasnya.


Terkait dengan kandidat yang akan mengisi kursi pimpinan DPR RI, Ketua Fraksi Partai Golkar Melcias Markus Mekeng menyerahkannya kepada DPP Partai Golkar untuk membahasnya. Karena masuk 5 besar pemenang Pileg, Golkar mendapatkan jatah satu kursi pimpinan DPR sesuai UU MD3.

"Ini kan proses panjang. Tahapan ini kan masih berlaku sampai 1 Oktober. Jadi masih ada 4 bulan. Partai mempunyai waktu untuk menyiapkan kader-kadernya untuk menduduki jabatan yang ada pimpinan DPR maupun MPR. Itu kami serahkan semuanya kepada DPP untuk membahasnya. Jadi masih aman. Tapi kami mempunyai kader-kader yang mumpuni," kata Adies.

Dalam kesempatan tersebut, Mekeng juga membacakan sikap Fraksi Golkar terhadap penetapan hasil Pemilu 2019. Golkar mengucapkan selamat atas kemenangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres.


"Selamat kepada pasangan calon presiden Joko Widodo dan calon wakil presiden KH Ma'ruf Amin yang ditetapkan menjadi pemenang Pemilihan Presiden 2019 dengan perolehan suara sebesar 85.607.362 (55,50 persen)," ucap Mekeng.

Tak ketinggalan, Golkar juga mengucapkan selamat kepada PDIP atas kemenangannya di pileg dan perolehan kursi tertinggi di DPR RI.

"Selamat kepada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang memenangkan Pemilihan Legislatif dengan perolehan 128 kursi DPR RI (22,26 persen)," tutur Mekeng.

Selain itu, Fraksi Golkar juga memberikan apresiasi kepada KPU dan Bawaslu karena berhasil menyelenggarakan pemilu dengan baik dan konstitusional. TNI dan Polri juga diapresiasi atas keberhasilannya menjaga keamanan selama tahapan pemilu.



Simak Juga 'Golkar-PKB Berebut Kursi MPR, Begini Respons Jokowi?':

[Gambas:Video 20detik]


(azr/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed