DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 17:18 WIB

Pimpinan KPK Cerita Diremehkan karena akan Tutup Jabatan: Gue Kencengin Lu!

Haris Fadhil - detikNews
Pimpinan KPK Cerita Diremehkan karena akan Tutup Jabatan: Gue Kencengin Lu! Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua KPK Saut Situmorang bercerita soal masa jabatannya yang akan berakhir pada 21 Desember 2019. Dia memastikan pemberantasan korupsi oleh KPK tak akan kendur.

"Ada beberapa bulan lagi untuk kita nanti selesai 21 Desember, kalau orang bilang, jangan kasih kendur. Jangan kasih kendur, Pak Saut," kata Saut di gedung penunjang KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).

Hal itu disampaikan Saut saat bicara dalam acara Kajian Ramadhan dan Konsolidasi Pemangku Kepentingan Antikorupsi bersama tokoh masyarakat, akademisi, komunitas organisasi masyarakat sipil, dan organisasi mahasiswa. Dia mengatakan ada juga pihak yang meremehkan KPK karena masa jabatan pimpinannya akan selesai.

"Di luaran ada yang bilang pimpinan KPK jangan didengerin bentar lagi selesai, makin gue kencengin lu. Atau saya bilang sama Pak Alex (Wakil Ketua KPK Alexander Marwata), kita diancam orang dari luar, udah Pak Alex sama Saut jangan didengerin udah mau selesai. Ntar gue daftar lagi kena lu 4 tahun sama gue," ucap Saut.




Saut mengatakan masih banyak PR yang harus diselesaikan. Salah satunya untuk meningkatkan nilai indeks persepsi korupsi.

"Kami mungkin selama ini sibuk nangkapin orang saja. OTT terus, nggak mikirin harusnya kita bisa nilai 40. Ini ada missing link, ini menarik untuk didiskusikan. Bukan jadi pembenaran, tapi yang penting adalah bagaimana kita melaksanakan sejumlah rekomendasi oleh UN untuk dilaksanakan, terkait UU Tipikor kita dan sebagainya," jelas Saut.

Dia berharap pemerintah yang baru bisa mendorong revisi UU Tipikor. Dia mengatakan butuh kerja sama dengan banyak pihak untuk memperkuat pemberantasan korupsi.

"Bagaimana pemerintahan yang baru nanti bisa mendorong di DPR untuk KUHAP kita, Tipikor kita, UU KPK yang memperkuat dan seterusnya ini kita perlu kerja sama," ucapnya.
(haf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed