DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 16:22 WIB

Polisi Periksa Penumpang di 3 Stasiun Cilegon Tujuan Jakarta

M Iqbal - detikNews
Polisi Periksa Penumpang di 3 Stasiun Cilegon Tujuan Jakarta Polisi memeriksa penumpang kereta di Stasiun Cilegon tujuan Jakarta. (Iqbal/detikcom)
Cilegon - Polisi memeriksa penumpang kereta di 3 stasiun di Cilegon, Banten. Barang bawaan serta identitas ikut diperiksa.

Pantauan detikcom di Stasiun Cilegon, Selasa (21/5/2019), petugas menanyakan identitas penumpang yang berada di dalam kereta. Tampak juga polisi bersenjata laras panjang masuk ke gerbong.


Kapolres Cilegon AKBP Rizki Agung Prakoso menyebut pemeriksaan itu tidak terkait aksi 22 Mei di Jakarta. Rizki menuturkan pemeriksaan tersebut untuk mengantisipasi arus mudik.

"Oh nggak, secara langsung nggak ada (hubungan). Iya antisipasi boleh, tapi sebenarnya itu dalam rangka cipta kondisi menyambut operasi ketupat untuk antisipasi arus mudik," kata Rizki Agung Prakoso saat dimintai konfirmasi,

Rizki mengatakan razia hanya sebatas cipta kondisi menjelang arus mudik 2019. Para penumpang di 3 stasiun, yakni Cilegon, Kerenceng, dan Merak, diperiksa. Mereka yang diperiksa adalah penumpang tujuan Rangkasbitung-Jakarta.

"Itu adalah pemeriksaan yang kita laksanakan sebagai cipta kondisi nanti menjelang Lebaran. Menyambut Lebaran mempersiapkan pengamanan arus balik Operasi Ketupat nanti," ujarnya.

Polisi Periksa Penumpang di 3 Stasiun Cilegon Tujuan JakartaPolisi memeriksa penumpang kereta di Stasiun Cilegon tujuan Jakarta. (Iqbal/detikcom)

Sejak Senin (20/5) kemarin, polisi memperketat penjagaan di 3 lokasi pemberangkatan, yaitu Pelabuhan Merak, Gerbang Tol Cilegon Timur, dan stasiun kereta api.

"Kita cuma di pelabuhan, di Stasiun Merak. Kerenceng, sama Cilegon. Yang di gerbang tol untuk ngelancarin aja siapa tahu mereka banyak dilancarin aja," ujarnya.

Dari pemeriksaan tersebut, polisi tidak menemukan adanya massa bergerombol yang berangkat ke Jakarta. Penumpang yang sempat diperiksa pun melanjutkan perjalanan.



Simak Juga 'Polres Banyuwangi Amankan 26 Orang Diduga Akan Ikut Aksi 22 Mei':

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed