DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 15:05 WIB

Apa Kabar Surat Wasiat Prabowo?

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Apa Kabar Surat Wasiat Prabowo? Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta - Prabowo Subianto tengah mempersiapkan surat wasiat kepada seluruh pendukung dan rakyat Indonesia. Namun hingga KPU menetapkan hasil rekapitulasi Pilpres 2019, surat wasiat itu belum jelas keberadaannya.

Prabowo mengumpulkan ahli hukum pada 14 Mei 2019 di kediamannya di Kertanegara. "Saya akan membuat surat wasiat saya," kata Prabowo kala itu di depan pendukungnya.

Setelah Prabowo bicara soal surat wasiat, bocoran surat rahasia itu pun satu demi satu bermunculan. Anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade, menuturkan setidaknya ada tiga poin utama dalam surat wasiat tersebut.

Poin pertama adalah arahan kepada Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno dalam menyikapi hasil Pilpres 2019. Kedua, imbauan kepada masyarakat dalam menyikapi hasil pilpres. Dan terakhir memastikan Prabowo tetap bersama rakyat.

Konon, menurut Andre, surat wasiat itu sudah selesai dibuat dan tinggal menunggu waktu dibacakan. "Info yang saya dapat dari Waketum Gerindra, Bang Fadli Zon, malam ini, surat wasiat itu sudah selesai," kata Andre, Jumat (17/5/2019) lalu.

Lalu, kapan isi surat wasiat itu bakal dibacakan Prabowo? Isu beredar awalnya surat wasiat itu akan dibacakan Prabowo pada 22 Mei, jadwal awal KPU mengumumkan hasil rekapitulasi nasional Pilpres 2019.

Ternyata KPU lebih awal sehari menetapkan hasil rekapitulasi Pilpres 2019. Alih-alih membacakan surat wasiat, hari ini Prabowo menggelar konferensi pers menyatakan sikap menolak hasil rekapitulasi dengan tiga poin utama.

Poin pertama, Prabowo menyatakan menolak hasil rekapitulasi Pemilu 2019 karena ada kecurangan. Poin berikutnya, Prabowo menegaskan akan melakukan upaya hukum sesuai dengan konstitusi.

"Pihak paslon 02 akan terus melakukan seluruh upaya hukum sesuai konstitusi dalam rangka membela kedaulatan rakyat yang hak-hak konstitusinya dirampas pada pemilu 2019 ini," kata Prabowo dalam konferensi pers di Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (21/5).

Poin ketiga, Prabowo menyeru seluruh masyarakat, relawan, pendukung, dan simpatisan paslon 02 tetap menjaga keamanan dan ketertiban umum. "Serta selalu menjaga agar aksi-aksi menyampaikan pendapat di depan umum selalu dilaksanakan dengan damai, berakhlak, dan konstitusional," serunya.

Tiga poin yang dibacakan Prabowo memiliki kemiripan dengan poin-poin bocoran surat wasiat Prabowo. Apakah ini surat wasiat yang disiapkan Prabowo ataukah ada surat lain yang bakal dibacakan di depan peserta aksi 22 Mei?


Prabowo Tolak Hasil Resmi Pilpres 2019!:


Apa Kabar Surat Wasiat Prabowo?

(van/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed