DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 14:56 WIB

Jokowi Dua Periode, JK Sarankan Perkuat Kabinet Bidang Ekonomi

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Jokowi Dua Periode, JK Sarankan Perkuat Kabinet Bidang Ekonomi Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom
Jakarta - Capres Joko Widodo (Jokowi) unggul atas capres Prabowo Subianto dalam pengumuman rekapitulasi KPU. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan fokus Jokowi harus tetap pada persoalan ekonomi.

"Ya sama saja bahwa ekonomi itu masalah pokok. Menjadi bagian dari harapan masyarakat karena ekonomi berhubungan dengan kemakmuran, kesejahteraan, dalam kondisi perang dagang dengan China-Amerika, Eropa. Tentu banyak tantangan-tantangannya dan itu harus dilalui," kata JK di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019).



JK menuturkan pemerintah Jokowi harus menekankan pada peningkatan pertumbuhan ekonomi. Dia mengatakan saat ini banyak negara sedang mengalami kelesuan di bidang ekonomi.

"Penekanannya prinsip dasar ekonomi tumbuh, investasi, dan ekspor, seperti itu. Kemudian inflasi yang rendah dan ekspor naik. Ini pekerja berat, bukan mudah. Tapi semua negara mengalaminya," jelasnya.

Sebelumnya, KPU menuntaskan rekapitulasi nasional hasil Pilpres 2019. Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin ditetapkan menjadi pemenang Pilpres 2019. "Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin 85.607.362 suara. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239," ujar komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik dalam rapat pleno KPU di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (21/5) dini hari.



Hasil pilpres itu ditetapkan dalam keputusan nomor 987. Hasil rekapitulasi KPU secara nasional ini terdiri atas perolehan suara di 34 provinsi dan 130 panitia pemilihan luar negeri (PPLN).

KPU menyebut jumlah suara sah nasional 154.257.601. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional.

Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239 suara atau 44,50 persen dari total suara sah nasional.


Jokowi-Ma'ruf Amin Menang, Cinta Laura hingga Addie MS Ucapkan Selamat:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed