detikNews
Selasa 21 Mei 2019, 14:28 WIB

Kades Tegaskan Isu 2.000 Warga Baduy Ikut Demo 22 Mei Hoax!

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kades Tegaskan Isu 2.000 Warga Baduy Ikut Demo 22 Mei Hoax! Ilustrasi warga baduy (Foto: Bahtiar Rivai)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Serang - Media sosial ramai membicarakan soal adanya ribuan warga Baduy ke Jakarta untuk ikut aksi 22 Mei di KPU. Kepala Desa untuk warga Baduy, Jaro Saija menegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoax.

"Hoax etamah, moal aya orang Baduy ilu demo (Itu hoax, orang Baduy nggak bakalan ikut demo)," kata Jaro Saija kepada detikcom di Serang, Banten, Selasa (21/5/2019).

Sebagai kepala desa yang dipilih khusus untuk warga Baduy, Saija menegaskan bahwa Baduy netral dalam masalah urusan politik. Warganya juga tak mungkin ikut-ikutan terbawa isu mengenai rencana aksi people power pada 22 Mei.



"Kami ini cinta damai," jelas Saija yang juga tokoh masyarakat Baduy Luar.

Kepada siapapun yang menyebarkan hoax bahwa ada ribuan Baduy ikut aksi, ia meminta orang tersebut bertanggung jawab. Jika perlu, katanya penyebar hoax tersebut bicara dengan dirinya mengenai ini.

"Berita itu harus dicari di mana pihaknya. Nu nyein berita eta kudu disiaran (harus dicari itu orangnya). Kalau udah ketemu biar diajak ngobrol aja," katanya.



Mewakili warga Baduy, Saija juga mengutarakan ketidaksenangannya atas isu hoax ribuan warganya ikut aksi 22 Mei. Orang tersebut juga diminta bertanggung jawab apakah benar ada warga Baduy berangkat ke sana. Tetapi, ia menegaskan bahwa tak mungkin ada warganya ikut urusan demonstrasi.

"Eweh, hoax eta. Lamun aya umpanana, kudu dibuktikeun (Nggak ada, itu hoax. Jika ada harus dibuktikan)," pungkasnya.


Jika Aksi 22 Mei Rusuh, Prabowo: Bukan Pendukung Kami:

[Gambas:Video 20detik]


(bri/rvk)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com