DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 10:59 WIB

Order Go-Shop Fiktif, Zainuri Dihukum 1 Tahun Penjara

Andi Saputra - detikNews
Order Go-Shop Fiktif, Zainuri Dihukum 1 Tahun Penjara Ilustrasi (dok.detikcom)
Palembang - Jangan iseng menggunakan order aplikasi online. Selain merugikan driver online, pemesan siap-siap berhadapan dengan hukum. Begini contoh kasusnya.

Kasus bermula saat Zainuri memesan layanan Go-Shop lewat HP-nya pada 17 Februari 2019 malam. Order Go-Shop itu diambil oleh driver Riki Hidayat. Zainuri meminta ditemui di Jalan Dempo, Palembang, Sumsel.

Zainuri kemudian menyerahkan satu kotak ke Riki. Dalam kotak itu, ada modem yang harus diantar ke Ardi di Taman Kanten, Palembang. Tanpa curiga, Riki mengantarkannya ke alamat tujuan.


Namun, setelah dicari-cari, alamat itu tak ditemukan Riki. Kemudian Riki menelepon Zainuri untuk mengkonfirmasi alamat tersebut. Namun HP Zainuri tidak bisa dihubungi lagi. Riki Hidayat melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Ilir Timur I Palembang.

Polisi kemudian menyelidiki Zainuri dan menangkapnya. Zainuri pun duduk di kursi pesakitan.

"Menyatakan Terdakwa Zainudi bin Wagiran tersebut terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan. Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 tahun," putus majelis PN Palembang sebagaimana dilansir di website-nya, Selasa (21/5/2019).


Duduk sebagai ketua majelis Bagus Irawan, dengan anggota Murni Rozalinda dan Abu Hanifah. Majelis menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani terdakwa dikurangi seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan.

"Memerintahkan agar Terdakwa tetap berada dalam tahanan," pungkas majelis.
(asp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed