DetikNews
Senin 20 Mei 2019, 18:15 WIB

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Cak Imin Bicara 3 Agenda Politik PKB

Adhi Indra P - detikNews
Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Cak Imin Bicara 3 Agenda Politik PKB Diskusi Kebangkitan Nasional 'Kebangkitan Nasional untuk Indonesia Berdikari' di Gedung DPP PKB (Foto: Adhi Indra P/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) bicara soal tiga agenda politik partainya ke depan. Ketiga agenda ini sebagai refleksi dari Hari Kebangkitan Nasional.

"20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional diawali dengan gagasan gagasan brilian, pikiran-pikiran masa depan, strategi dan perencanaan yang tepat diikuti dengan gerakan-gerakan yang sistematis sehingga akhirnya kita sampai pada kemerdekaan dan menjadi sebuah bangsa yang berdaulat," kata Ca Imin.

Hal itu dikatakan Cak Imin dalam diskusi Kebangkitan Nasional 'Kebangkitan Nasional untuk Indonesia Berdikari' di Gedung DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, pada Senin (20/5/2019). Dia mengatakan bangsa yang berdikari diawali dari ekonomi.


Oleh karena itu tiga agenda politik PKB tak terlepas dari kemandirian ekonomi. Poin pertama yang ingin dimajukan PKB yakni pendidikan.

"Pendidikan masih menjadi prioritas karena ratusan ribu lembaga pendidikan yang menjadi keluarga besar kita, butuh kita mutukan dan berdayakan, nggak peduli menteri pendidikannya siapa, itu nggak penting. Yang penting pendidikan NU maju dan bermutu," tuturnya.

Agenda politik PKB kedua yakni pemberdayaan ekonomi dari usaha kecil menengah (UKM). Cak Imin melihat kebijakan yang diambil Menteri UKM pada masa Presiden BJ Habibie, Adi Sasono.


Dia melihat Adi Sasono berani mengambil kebijakan agar masyarakat bisa mendapatkan dana untuk UKM. Cak Imin agar ada undang-undang yang penerapannya seperti implementasi Dana Desa.

"Seperti ketika kita membuat Undang-undang Desa, dananya bisa langsung diakses oleh penyelenggara pemerintahan desa, tapi ini usaha kecil menengah yang terkontrol dengan baik, dan itu baru terasa kebangkitan ekonomi di kalangan menengah ke bawah," ujarnya.


Terakhir, agenda politik PKB yakni kemajuan dakwah sosial dan budaya. Cak Imin mengatakan budaya mesti jadi sorotan utama karena jadi instrumen kebangkitan bangsa.

"Biarkan Bung Karno menyatakan politik adalah panglima, biarkan Pak Harto menyatakan ekonomi adalah panglima, maka hari ini kebudayaan adalah panglima buat kita menata Indonesia yang lebih maju. Karena di situ terangkum keagamaan, ideologi, dakwah, dan seterusnya yang harus ditata dengan baik," ujar dia.
(jbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed