DetikNews
Senin 20 Mei 2019, 17:58 WIB

Polda Metro Turunkan 50 Ribu Personel Amankan Pengumuman KPU 22 Mei

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Polda Metro Turunkan 50 Ribu Personel Amankan Pengumuman KPU 22 Mei Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Polda Metro Jaya menyiapkan pengamanan untuk mengamankan pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu 22 Mei 2019. 50 Ribu personel diturunkan untuk mengamankan kegiatan tersebut.

"Jadi besok dari pihak kepolisian menurunkan sekitar 50 ribu personel gabungan TNI-Polri dan Pemda. Itu sudah kita tentukan lokasi-lokasi mana saja yang diamankan," kata Kabid Humas Polda Meteo Jaya, Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/5/2019).

Sebanyak 50 ribu personel itu akan disebar di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya pada 22 Mei. Personel disebar di objek-objek vital hingga pusat keramaian dan pusat perbelanjaan.



"Yang pertama namanya di simbol negara dan Pamobvit, misalnya ada (gedung) KPU, Bawaslu, DPR, MPR, Istana Negara dan ada sentra ekonomi, pasar, mall, stasiun-stasiun, terminal dan semuanya kita lakukan pengamanan di sana dan pengamanan itu banyak," ungkap Argo.

Terkait adanya rencana aksi, Argo mengatakan pihaknya telah menerima surat pemberitahuan dari sejumlah elemen. Polisi masih mempelajari surat itu sebelum akhirnya mengijinkan massa untuk menggelar aksi.

"Namanya menyampaikan pendapat di muka umum itu boleh sesuai UU boleh tetapi tidak absolut artinya ada rambu-rambu yang mengatur. Misalnya di dalam UU itu jangan sampai mengganggu ketertiban umum, jangan sampai mengganggu persatuan kesatuan bangsa. Kemudian dalam UU itu ada sanksinya bisa dibubarkan seandainya itu nggak sesuai aturan yang ada," pungkas Argo.




Simak Juga 'Polisi Tetap Antisipasi Gangguan Lain di Aksi 22 Mei':

[Gambas:Video 20detik]


(sam/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed