DetikNews
Senin 20 Mei 2019, 17:25 WIB

KPK Tunggu Penghitungan BPK Terkait Korupsi Proyek Jalan di Papua

Haris Fadhil - detikNews
KPK Tunggu Penghitungan BPK Terkait Korupsi Proyek Jalan di Papua Kabiro Humas KPK Febri Diansyah (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - KPK menunggu hasil penghitungan kerugian keuangan negara terkait kasus dugaan korupsi proyek jalan di Jayapura, Papua, dari BPK. KPK berharap BPK segera menyerahkan hasil penghitungannya itu.

"Saat ini kami menunggu hasil penghitungan kerugian keuangan negara yang final dari BPK. Semoga tidak terlalu lama," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (20/5/2019).

Proyek jalan yang diduga berselimutkan korupsi itu adalah proyek jalan Kemiri-Depapre yang nilai total proyeknya pernah disebut KPK sekitar Rp 89,5 miliar. KPK sempat menyebut indikasi kerugian keuangan negara dari dugaan korupsi itu sekitar Rp 42 miliar.
Dari dugaan korupsi itu KPK telah menetapkan 2 tersangka, yaitu mantan Kadis PU Provinsi Papua Mikael Kambuaya dan pemegang saham mayoritas PT Bintuni Energi Persada (BEP) David Manibui. Keduanya sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka sejak 2017.

Hingga saat ini, KPK telah memeriksa 92 orang saksi dan melakukan pengecekan lokasi. Para saksi yang diperiksa berasal dari Pemprov Papua dan swasta.

"Proses masih di tahap penyidikan. Sampai saat ini sekitar 92 orang saksi telah kami periksa, bahkan KPK juga sudah melakukan cek lokasi beberapa waktu yang lalu. Para saksi yang diperiksa berasal dari pihak Pemprov Papua, pejabat pengadaan dan pihak swasta," ucapnya.
(haf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed