detikNews
Senin 20 Mei 2019, 16:42 WIB

Ada One Way di Tol Cikampek, Menhub Harap Pemudik Tak Sering ke Rest Area

Ibnu Hariyanto - detikNews
Ada One Way di Tol Cikampek, Menhub Harap Pemudik Tak Sering ke Rest Area Foto: Ilustrasi One way di Tol (Sudirman-detik)
Jakarta - Sistem satu arah atau one way di Tol Cikampek-Brebes akan mulai diterapkan pada 30 Mei-2 Juni 2019. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi dengan one way waktu tempuh Tol Cikampek hingga Tol Brebes hanya 3 jam.

"Kita ada dalam pembahasan kemarin, karena jarak dari KM 29 sampai KM 263 (jarak penerapan one way) kira kira ditempuh 2,5 jam sampai 3 jam," kata Budi Karya Sumadi dalam diskusi 'Mudik Aman dan Lancar' di Kementerian Kominfo, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Selatan, Senin (20/5/2019).



Dengan jarak tempuh yang singkat itu, Budi berharap para pemudik tak lagi banyak yang berhenti di rest area. Sehingga bisa mengurangi kemacetan yang disebabkan rest area yang penuh.

"Sebenarnya para pemudik itu bisa merencanakan tak usah berhenti di rest area, bisa berhenti di Brebes atau Cirebon atau tempat yang lain. Jadi rest area emergensi aja, supaya tidak penuh," sebut Budi.



Sementara itu, anggota BPTJ Kementerian PUPR Anggita Wijayanto mengimbau kepada pemudik bisa mengatur waktu jika berada di rest area. Maksimal pemudik berhenti dan istirahat di rest area itu selama 30 menit.

"Kalau kita akan upayakan istirahat (di rest area) 30 menit, agar bisa bergantian," kata Anggita.

Untuk itu, ia berharap para pemudik tidak membeli dan memakan makanannya di rest area. Hal itu untuk mengantisipasi rest area menjadi penuh akibat banyaknya mobil yang terparkir

"Kami mengingatkan, kalau bisa take away saja, biar tidak lama parkir di sana," ujarnya.
(ibh/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com