DetikNews
Senin 20 Mei 2019, 15:11 WIB

Mahasiswa Pasang Bendera Kuning di KPU Jambi, Minta Santunan KPPS Segera Cair

Ferdi Almunanda - detikNews
Mahasiswa Pasang Bendera Kuning di KPU Jambi, Minta Santunan KPPS Segera Cair Foto: Massa mahasiswa demo KPU Jambi (Ferdi-detikcom)
Jambi - Belasan massa yang tergabung dalam organisasi Kesatuan aksi mahasiswa muslim Indonesia (KAMI) Jambi melakukan aksi damai ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi. Kedatangan mereka adalah bertujuan dalam menyampaikan rasa belasungkawa terhadap petugas KPPS yang gugur saat menjalankan tugas dalam pemilu 2019.

Koordinator lapangan aksi yang juga mahasiswa fakultas hukum universitas Jambi M Azim mengatakan aksi ini merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap petugas pemilu 2019. Azim juga menyampaikan duka yang mendalam bagi korban meninggal.

"Kedatangan kita hanya untuk menyampaikan rasa bela sungkawa terhadap petugas KPPS yang banyak berjatuhan atau meninggal dalam melaksanakan pemilu kemarin," ujar Azim, Senin (20/5/2019).



Selain aksi kemanusiaan, aksi yang dihelat di siang hari ini oleh massa KAHMI juga meminta KPU RI serta Bawaslu RI agar bisa bekerja secara profesional dan penuh tanggung jawab dalam mengawal proses penghitungan suara pemilu 2019.

Bahkan mereka juga memasang bendera kuning di depan kantor KPU Provinsi Jambi di Jalan Jenderal A. Thalib, Telanai, Kota Jambi sebagai tanda bentuk duka cita mendalam kepada korban KPPS yang meninggal dunia tersebut.



"Ini adalah aksi kemanusiaan yang kami lakukan ini. Ini murni sebagai bentuk bela sungkawa kami kepada petugas KPPS yang banyak berjatuhan atau gugur dalam mengawal dan menjalankan pemilu. Aksi ini juga bukan bertujuan jelang tanggal 22 Mei nanti tetapi murni aksi kemanusiaan yang penuh kedamaian," ujarnya.

"Kami meminta para korban yang gugur santunan untuk mereka segera dicairkan dan diberikan kepada mereka sebagai bentuk tanggungjawab terhadap petugas KPPS yang gugur," imbuh Azmi.


Simak Juga 'Pemilu 2019 Banyak Korban, Ombudsman: Negara Harus Minta Maaf':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed