DetikNews
Senin 20 Mei 2019, 13:38 WIB

Tersisa 4 Provinsi, KPU Lanjutkan Rekapitulasi Nasional Pemilu 2019

Zunita Putri - detikNews
Tersisa 4 Provinsi, KPU Lanjutkan Rekapitulasi Nasional Pemilu 2019 Gedung KPU (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - KPU telah merampungkan hasil rekapitulasi perolehan Pemilu 2019 pada 30 provinsi. Hari ini KPU akan melanjutkan 4 provinsi yang tersisa.

4 provinsi yang akan direkapitulasi hari ini adalah Riau, Maluku, Papua, dan Sumatera Utara. KPU hari ini juga akan melanjutkan sidang terkait rekapitulasi PPLN Kuala Lumpur yang kemarin sempat ditunda karena menunggu surat rekomendasi dari Bawaslu.

Pantauan detikcom, pleno dimulai pukul 13.20 WIB di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Sejumlah saksi masing-masing caleg dan parpol dan saksi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf 01 dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi 02 juga hadir.



Selain itu, Ketua Bawaslu Abhan juga hadir ditemani oleh anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar.

"Hari ini kita akan selesaikan 4 provinsi dan 1 PPLN Kuala Lumpur, PPLN Kuala Lumpur sudah kita bahas malam, tinggal kita lanjutkan. Kemudian Riau, Papua Sumut, sudah datang, untuk Maluku baru nanti sore datang. Kalau Maluku datangnya terlalu sore, kita rekap di malam," kata Arief.

Untuk rekapitulasi PPLN Kuala Lumpur, Arief menegaskan hari ini pihaknya akan langsung membacakan perbaikan dokumen yang sudah disusun tadi malam.

Selain itu, ketika ditanya apakah jika rekapitulasi hari ini selesai, bisa langsung diumumkan hasil perolehan masing-masing paslon. Arief mengatakan kemungkinan malam ini juga bisa langsung diumumkan seluruh perolehan suaranya.

"Bisa (diumumkan langsung perolehan suara, jika malam ini selesai)," ucapnya.



Seperti diketahui, kemarin (19/5) KPU telah menyelesaikan 30 Provinsi. Hari ini rencananya KPU akan merampungkan seluruh sisanya, yakni 4 provinsi dan 1 PPLN. Hari ini pleno berlangsung secara dua panel, yakni panel 1 PPLN Kuala Lumpur, Papua dan Maluku, panel 2 merekap Riau dan Sumatera Utara (Sumut).


BPN Tak Pernah Adukan Kecurangan Saat Rekapitulasi Nasional? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(zap/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed