DetikNews
Senin 20 Mei 2019, 12:11 WIB

Pastikan Sulsel Aman Jelang 22 Mei, TNI-Polri Gelar Patroli Gabungan

Ibnu Munsir - detikNews
Pastikan Sulsel Aman Jelang 22 Mei, TNI-Polri Gelar Patroli Gabungan Polda Sulsel dan TNI menggelar apel gabungan untuk pengamanan aksi 22 Mei nanti (Foto: M Bakrie/detikcom)
Makassar - Polda Sulawesi Selatan menggelar apel kesiapan pasukan pengamanan terkait rencana aksi unjuk rasa 22 Mei 2019. Pengamanan ini ditandai dengan patroli gabungan dalam skala besar malam nanti.

"Patroli yang akan kita lakukan ini sifatnya gabungan dari TNI dan Polri. Terus jumlahnya eskalatif, tergantung kebutuhan situasi dan kondisi di lapangan. Jelasnya kekuatan kita ini maksimal," kata Kapolda Sulsel, Irjen Hamidin, di Makassar, Senin (20/5/2019).


Dalam apel ini, ikut terlibat personel TNI. Patroli dalam jumlah besar nanti akan dilakukan di semua objek vital seperti bandara, pelabuhan, dan kantor pemerintahan.

Polda Sulsel tetap menjamin keamanan warga pada penetapan hasil Pemilu 2019 nantinya.


Pastikan Sulsel Aman Jelang 22 Mei, TNI-Polri Gelar Patroli GabunganFoto: M Bakrie/detikcom

"Kita akan melakukan patroli dalam jumlah besar di sentra-sentra massa berkumpul dan juga peningkatan pengamanan di objek vital. Kita mau pastikan Sulsel ini semua aman sampai selesai hari penetapan," lanjutnya.

Terkait estimasi jumlah massa yang akan menggelar aksi di Sulsel, Hamidin mengatakan pihaknya belum menerima surat pemberitahuan. Namun Polda Sulsel sudah melakukan persiapan-persiapan. Dia mengatakan akan menindak tegas pelaku aksi yang melanggar ketentuan.


"Sampai hari ini kita belum menerima laporan terkait adanya aksi massa di tanggal 22 itu. Kalau ada yang mau berunjuk rasa, itu hak demokrasi dan pasti akan melapor berapa orang yang turun. Tapi belum ada sampai saat ini. Kalau ada pelanggaran jelasnya kita akan tindak," pungkasnya.
(jbr/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed