detikNews
Minggu 19 Mei 2019, 18:31 WIB

PAN: Pemanggilan Amien Rais Jadi Saksi Eggi Sarat Politik!

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
PAN: Pemanggilan Amien Rais Jadi Saksi Eggi Sarat Politik! Foto: Amien Rais (Lamhot Aritonang)
Jakarta - Polisi mengagendakan pemanggilan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais untuk bersaksi di kasus Eggi Sudjana. PAN memandang pemanggilan Amien sarat muatan politik.

Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay mengatakan sebaiknya Amien Rais dipanggil sebagai narasumber untuk berbicara terkait nasionalisme, Pancasila NKRI, dan cinta tanah air atau soal penegakan keadilan dan kebenaran dalam perspektif agama dan konstitusi. Kalau Amien diundang untuk menjadi saksi Eggi Sudjana, dia menyebut itu sarat politik.


"Dalam banyak forum dan kajian, Pak Amien sering diminta untuk mengelaborasi topik-topik itu. Sepanjang yang saya tahu, sejak beliau mengajar di kampus, menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah, sampai menjadi politisi, tidak ada satu pun topik itu yang disampaikannya secara salah. Tidak ada juga orang yang menuduh beliau makar ketika membicarakan topik-topik seperti itu," kata Saleh, Minggu (19/5/2019).

"Pemanggilan beliau sebagai saksi kelihatannya lebih sarat muatan politik daripada penegakan hukum. Karena sampai sejauh ini, untuk yang kesekian kalinya disampaikan bahwa beliau tidak melanggar dan melawan hukum. Beliau hanya ingin mengawal dan menyampaikan aspirasinya terkait hasil pemilu yang baru saja dilaksanakan," sebut Saleh.


PAN: Pemanggilan Amien Rais Jadi Saksi Eggi Sarat Politik!Foto: Saleh Daulay (Dok. Pribadi)

Saleh mengatakan menyampaikan pendapat dijamin undang-undang. Itu, katanya, berlaku juga untuk Amien Rais.

"Kalau menyampaikan pendapat itu kan dilindungi UU. Itu adalah bagian dari kebebasan berpendapat. Itu adalah hak asasi manusia yang diakui juga oleh dunia internasional," tutur anggota DPR itu.

Pemeriksaan terhadap Amien Rais dijadwalkan pada Senin (20/5) pukul 10.00 WIB besok. Amien akan dimintai keterangan sebagai saksi dugaan makar Eggi Sudjana.

"Besok Senin (20/5), Krimum Polda Metro Jaya mengagendakan pemeriksaan saksi Amien Rais," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.


Amien Rais sebelumnya pernah memenuhi panggilan polisi terkait kasus Ratna Sarumpaet. Sebelum pemanggilan, tensi politik meninggi lantaran sejulah pihak menyatakan pemanggilan Amien Rais salah sasaran.

Namun, usai diperiksa polisi, suasana berubah drastis. Amien Rais merasa dimuliakan penyidik.

"Saudara-saudara, saya merasa dihormati, dimuliakan oleh para penyidik. Jadi betul-betul suasananya akrab penuh tawa, penuh canda dan lain-lain," kata Amien Rais kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (10/10/2018).


Pengacara Eggi Sudjana Sebut 'People Power' Sudah ada di Pilpres 2014? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed