DetikNews
2019/05/17 22:05:10 WIB

Round-Up

Akankah Suluh Mahfud Md Antar RI Menuju Rekonsiliasi?

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Akankah Suluh Mahfud Md Antar RI Menuju Rekonsiliasi? Mantan Ketua MK Mahfud Md (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Mantan Ketua MK Mahfud Md menginisiasi pertemuan seluruh elemen bangsa untuk rekonsiliasi pasca-Pilpres 2019. Mahfud sudah menemui beberapa tokoh, mulai Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), BJ Habibie, hingga Megawati Soekarnoputri.

Rencana rekonsiliasi ini sudah disampaikan sebelum hari pencoblosan Pemilu 2019. Mahfud Md mengatakan pertemuan elemen bangsa itu sebagai mitigasi terkait risiko yang mungkin terjadi selepas pemilu.

"Tentu yang paling banyak orang mau menggugat ke MK, kecurangan, peristiwa, pasti banyak kalau itu. Nanti kita lihat eskalasinya kaya apa ini. Kalau agak serius, kita akan cepat ketemunya. Kalau ndak, kita lihat dalam minggu itu juga," kata Mahfud di kantor MMD Initiative, Jalan Kramat VI No 18, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).



Mahfud Md bertemu SBY ketika menjenguk Ani Yudhoyono di Singapura, Jumat (3/5). Pada saat itu, SBY berbicara tentang pentingnya berdialog pascapemilu serentak tahun ini.

"Setidaknya ada ruang dialog untuk meredam," kata SBY sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang dikirimkan tim dari Mahfud Md.

SBY menyadari solusi tak akan bisa disepakati hanya dengan sekali dialog. Namun, menurutnya, yang terpenting adalah upaya pengharmonisan harus terus dilakukan pasca-Pilpres 2019.

"Tentu kita tidak bisa berharap sekali dialog akan menghasilkan suatu solusi. Tapi perlu terus-menerus mengedepankan upaya rekonsiliasi," jelasnya.

"Saya berharap ada rekonsiliasi pascapilpres ini," lanjut SBY.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed