DetikNews
Jumat 17 Mei 2019, 20:14 WIB

Densus 88 Sita Bom-Buku Jihad di Rumah Jaringan ISIS di Bogor

Mei Amelia R - detikNews
Densus 88 Sita Bom-Buku Jihad di Rumah Jaringan ISIS di Bogor Foto: dok.istimewa
Bogor - Densus 88 Polri menagkap terduga teroris yang terafiliasi dengan jaringan ISI di Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Di rumah tersangka, ditemukan sejumlah barang bukti dari bom jenis TATP atau dikenal juga dengan istilah mother of satan, hingga buku-buku jihad.

"Penindakan dilakukan oleh Densus Mabes Polri di-backup oleh Polres Bogor," kata Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika Gading kepada detikcom, Jumat (17/5/2019).

Tersangka berinisial E alias AR (25) ditangkap di rumahnya di Jalan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Bogor pada pukul 15.30 WIB. Di situ, tim Densus 88 Antiteror menggeledah rumah tersangka dan ditemukan sejumlah barang bukti.


"Dalam penindakan tersebut ditemukan beberapa bahan baku dan bahan jadi peledak yang dibuat secara rumahan di antara lain adalah TATP dan Nitrogliserin kemudian kita juga temukan beberapa panci, paku-paku termasuk juga buku-buku pembuatan bom dan buku-buku doktrin jihadis yang kita temukan di TKP," jelas Dicky.

Selain itu, ditemukan juga senjata api, rangkaian detonator, sejumlah senjata tajam dan buku-buku cara merakit bom. Barang bukti tersebut dibawa oleh tim Densus untuk penyelidikan lebih lanjut.

Hingga malan ini, tim Jibom dari Gegana Korps Brimob Polri dan Polres Bogor masih dilakukan olah TKP. Lokasi masih disterilisasi.

"Dari hasil pemeriksaan sementara diduga tersangka merupakan pengikut jaringan ISIS di Indonesia," tutur Dicky.

(mei/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed