DetikNews
Jumat 17 Mei 2019, 18:44 WIB

Simulasi Pengamanan Kantor KPU, TNI Kerahkan Satuan Gultor

Tim detikcom - detikNews
Simulasi Pengamanan Kantor KPU, TNI Kerahkan Satuan Gultor TNI menggelar simulasi pengamanan KPU. (Dok. Puspen TNI)
Jakarta - TNI menggelar latihan pengamanan penghitungan suara Pemilu 2019 di KPU. Salah satu skenario latihan adalah jika kondisi rusuh.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Puspen TNI, Jumat (17/5/2019), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau latihan di Silang Monas, Jakarta Pusat. Dalam latihan tersebut, disimulasikan bahwa terjadi kerusuhan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) oleh massa yang sedang melakukan aksi unjuk rasa terkait hasil penghitungan suara Pilpres 2019.

Dengan bergerak cepat, Satuan Gultor TNI tiba di kantor KPU menggunakan Helikopter Caracal milik TNI AU untuk menyelamatkan anggota KPU dan dokumen serta server hasil penghitungan suara. Personel dan materiil KPU tersebut diamankan ke suatu tempat yang telah ditentukan.



Disimulasikan juga ada anggota masyarakat yang terkena tembak dalam aksi unjuk rasa. Jika peristiwa itu terjadi, Satuan Kesehatan TNI yang sedang melaksanakan pengamanan di kantor KPU akan memberikan pertolongan pertama kepada korban dan mengevakuasi korban menggunakan ambulans.

Korban lalu dibawa ke titik jemput helikopter untuk dievakuasi ke kapal rumah sakit KRI dr Soeharso 990 yang bersandar di Dermaga JICT, Tanjung Priok.

Latihan pengamanan ini adalah implementasi dari Tactical Floor Game (TFG) pengamanan Tahap Penghitungan Suara Pemilu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 di Mabes TNI pada Kamis (16/5). TFG ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi pada proses penghitungan suara, dengan mengerahkan personel dan alat utama sistem senjata (alutsista), baik TNI AD, TNI AL, maupun TNI AU.



Saat ini, KPU masih melakukan rekapitulasi suara di kantornya hingga 22 Mei 2019. Jika tidak ada gugatan ke MK, hasil Pemilu 2019 akan ditetapkan pada 25 Mei 2019.


Simak Juga 'Pesan Pakar IT Buat Programmer KPU: Harus Ada Proteksi Salah Input':

[Gambas:Video 20detik]


(imk/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed