DetikNews
Jumat 17 Mei 2019, 15:50 WIB

Habiburokhman Klaim Prabowo-Sandiaga Menang di 90% Kecamatan Se-Jaktim

Matius Alfons - detikNews
Habiburokhman Klaim Prabowo-Sandiaga Menang di 90% Kecamatan Se-Jaktim Habiburokhman (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Caleg DPR RI dari Partai Gerindra, Habiburokhman, mengklaim Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul di 90% kecamatan se-Jakarta Timur. Dia mengatakan hanya ada satu kecamatan tempat Prabowo-Sandiaga tak menang.

"Kita menang di 90% wilayah, hanya 1 kecamatan kita kalah di Pulogadung, artinya koalisi keumatan di Jakarta Timur kita menang di 90% kecamatan pilpres. Pileg, koalisi keumatan mendapatkan 4 dari 6 kursi, termasuk saya," kata Habiburokhman di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2019).



Dia mengatakan ada di posisi ketiga raihan suara untuk kursi DPR dari Jakarta Timur. Dia juga menyebut sejumlah nama lain yang diperkirakan lolos ke DPR RI.

"Saya ada di kursi ketiga, yang pertama itu Pak Mardani, kemudian saya, Pak Eko, dan Ibu Anis Byarwati, ya 4 jadi namanya, 2 PDIP. Jadi 2 PDIP, 4 Koalisi Keumatan," ujarnya.

Terlihat dari data caleg DPR RI Jakarta Timur Eko Hendro Purnomo dari PAN mendapat 1 kursi, Mardani dan Anis dari PKS masing masing mendapat 1 kursi, dan Habiburokhman dari Gerindra mendapat 1 kursi. Sementara itu, Putra Nababan dan Sondang Tiar Tampubolon dari PDIP masing masing mendapat 1 kursi.

Habiburokhman juga menjelaskan alasan Prabowo-Sandiaga kalah di Pulogadung. Dia menyebut Anies Baswedan-Sandiaga Uno juga kalah di sana saat Pilkada DKI 2017.

"Kalau Pulogadung ya sebetulnya ada sedikit masalah di Kelurahan Jati, Kelurahan Pulogadung sendiri, itu memang dari dulu Anies juga berat di situ, Anies-Sandi juga berat di situ, dan kita memang penetrasinya kurang di situ, iya sudah diprediksi dan penetrasinya kurang juga di situ," tuturnya.



Sebelumnya, Prabowo-Sandiaga dinyatakan menang atas Jokowi-Ma'ruf Amin di Jakarta Timur. Sementara itu, PDIP unggul dalam perolehan suara pileg.

Hasil pilpres dan pileg itu dibacakan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 Provinsi DKI Jakarta, yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (17/5).



Berikut ini perolehan suara pilpres di Jakarta Timur:

Jokowi-Ma'ruf Amin: 857.940
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno: 987.607

Jumlah seluruh suara sah: 1.845.547
Tidah Sah: 226.365
Jumlah Suara Masuk: 1.868.182
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed