detikNews
Kamis 16 Mei 2019, 22:45 WIB

Kapal Terbakar di Pelabuhan Merauke: 2 ABK Tewas, Nakhoda Hilang

Audrey Santoso - detikNews
Kapal Terbakar di Pelabuhan Merauke: 2 ABK Tewas, Nakhoda Hilang Kebakaran kapal Maros III di Merauke (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Sebuah kapal bernama lambung Maros III terbakar di Pelabuhan Laut Kelapa Lima, Kabupaten Merauke, Papua. Dua anak buah kapal (ABK)-nya tewas dalam peristiwa ini.

"Kebakaran terjadi pada hari Kamis, 16 Mei 2019, pukul 13.30 WIT. Menurut keterangan salah satu saksi, awalnya saksi mengawasi pengisian bahan bakar jenis Premium dari truk tangki PT Tehnik Fajar Timur ke atas kapal Maros III pukul 13.00 WIT," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal dalam rilisnya, Kamis (16/5/2019).


"Setelah itu, saksi masuk ke kantor dan sekitar 5 menit kemudian terdengar suara ledakan yang keras sehingga saksi kaget dan langsung keluar dari kantor," sambung Kamal.

Dalam proses evakuasi, petugas Dinas Pemadam Kebakaran Merauke menemukan dua jasad yang merupakan anak buah kapal tersebut. Sedangkan satu ABK lagi dan nakhoda kapal berstatus hilang.


"Identitas korban Nirwan (22) dan Saharuddin (40) meninggal dunia. Korban luka satu orang, atas nama Iwan, masih dirawat di RSUD Merauke dan dua korban hilang atas nama Bustang dan Sandi," jelas Kamal.

Polres Merauke telah mendatangi dan melakukan olah TKP untuk menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran. Sementara itu, tim SAR masih melakukan pencarian korban hilang.


Kapal Terbakar di Pelabuhan Merauke: 2 ABK Tewas, Nakhoda HilangFoto: Dok. Istimewa

(aud/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com