DetikNews
2019/05/16 22:10:48 WIB

Round-Up

Gerindra Diterpa Sindiran 'Akui Pileg Tolak Pilpres'

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Gerindra Diterpa Sindiran Akui Pileg Tolak Pilpres Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Partai Gerindra diterpa sindiran soal 'akui pileg tolak pilpres'. Sindiran tersebut bermunculan usai Ketum Gerindra Prabowo Subianto menolak hasil Pilpres 2019.

Sindiran itu salah satunya datang dari Mendagri Tjahjo Kumolo. Tjahjo mengatakan jangan sampai ada pihak yang mengakui hasil pileg tetapi tidak mengakui hasil pilpres. Menurutnya, semua pihak sudah sepakat mengikuti tahapan pemilu sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Jangan sampai mengakui hasil pilegnya, tapi hasil pilpresnya tidak mengakui. Padahal orangnya sama, yang jadi KPPS-nya sama, pengawasnya sama, saksinya sama, petugasnya sama. Kenapa kok dibedakan itu lo. Itu aja," kata Tjahjo di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019).



Sindiran lain juga datang dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin. Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding menantang kubu Prabowo-Sandi untuk menolak hasil pileg juga.

"Kalau mau ditolak, ya tolaklah semua (hasil Pilpres sekaligus Pileg 2019). Itu baru gentle," kata Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, kepada wartawan, Kamis (16/5/2019).


Menurut Karding, tak ada beda antara penyelenggaraan Pilpres dengan Pileg 2019 yang pemungutan suaranya dilaksanakan dalam satu hari pada 17 April 2019 itu. Jadi, bila tidak terima dengan yang terjadi di Pilpres, maka seharusnya pihak yang tidak terima itu juga menolak hasil Pileg.

"Apa alasan pembedanya? Nggak ada pembedanya. Apalagi, pada prinsipnya baik Pileg maupun Pilpres itu tidak ditemukan pelanggaran-pelanggaran yang mereka sebut terstruktur dan masif itu. Datanya tidak ditemukan dan tidak bisa disampaikan oleh kubu 02," kata Karding menyebut istilah 'terstruktur dan masif' yang sering disebut kubu Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi untuk merujuk pada kecurangan di Pemilu 2019.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed