DetikNews
Kamis 16 Mei 2019, 12:13 WIB

Kedubes Saudi Beri 100 Ton Kurma, Kemensos Siap Bagi-bagi ke Panti

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Kedubes Saudi Beri 100 Ton Kurma, Kemensos Siap Bagi-bagi ke Panti Penyerahan Kurma dari Kedubes Arab Saudi ke Kemensos (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi menghibahkan 100 ton kurma ke Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Nantinya, kurma itu akan dibagi-bagi ke panti asuhan hingga pesantren.

"Kurma ini merupakan ungkapan yang sangat simpel dari bangsa Arab Saudi terhadap bangsa Indonesia dengan diberikannya kurma tersebut. Jadi ini adalah bentuk persahabatan yang sangat erat antara kedua negara dan kedua bangsa," kata Duta Besar Kerajaan Arab Saudi, Esam Ased Al Thagafi, di Kedubes Saudi, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (16/5/2019).



Dia mengatakan selain jumlah 100 ton kurma yang diberikan ke Kemensos itu, Kedubes Saudi juga membagikan 100 ton kurma kepada berbagai lembaga, masjid, hingga pesantren se-Indonesia. Al Thagafi berharap tahun depan jumlahnya pemberian kurma itu akan bertambah tahun depan.

"Sebenarnya jadi kurma yang 100 ton ini adalah bentuk penyerahan yang secara resmi dari Pemerintahan Arab Saudi kepada Pemerintah Indonesia. Ada pun selain itu kita telah memberikan sekitar jumlah yang sama, 100 ton juga, diberikan kepada lembaga-lembaga, yayasan, masjid-masjid pesantren-pesantren di seluruh Indonesia dengan jumlah yang hampir sama," ucapnya.

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Pepen Nazaruddin, mengatakan pihaknya segera mendistribusikan kurma itu. Pendistribusian diutamakan untuk yayasan, organisasi sosial, panti asuhan, dan pesantren.



"Paling lambat hari Senin kita sudah langsung mendistribusikan. Ini karena sudah yang ketiga kali jadi kami sudah juga punya list-list siapa yang berhak menerima ini. Terutama, seperti yang dulu-dulu yayasan-yayasan, organisasi sosial, panti-panti asuhan, anak yatim, pesantren, dan lain sebagainya," jelasnya.

Pepen mengucapkan terima kasih atas hibah kurma tersebut. Dia menyebut pemberian ini sebagai bukti persaudaraan yang erat antara Indonesia dengan Arab Saudi.

"Tentunya atas nama kementerian sosial dan rakyat Indonesia sangat berterimakasih atas hibah kurma 100 ton dari Kerajaan Arab Saudi ini. Ini sebagai bukti persaudaraan yang erat antara Pemerintah Indonesia, rakyat Indonesia dan rakyat Kerajaan Arab Saudi," ujar Pepen.
(haf/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed