DetikNews
Rabu 15 Mei 2019, 15:42 WIB

Bantu Amankan Jakarta, Polda Sumbar Kirim 500 Personel

Jeka Kampai - detikNews
Bantu Amankan Jakarta, Polda Sumbar Kirim 500 Personel Ilustrasi polisi (Grandyos Zafna/detikcom)
Padang - Polda Sumatera Barat (Sumbar) mengerahkan 500 personel Brimob dan Sabhara untuk ikut mengamankan Jakarta menjelang pengumuman resmi hasil rekapitulasi KPU pada 22 Mei 2019.

Ke-500 personel tersebut terdiri dari 4 satuan setingkat kompi (SSK) dari Brimob dan 1 SSK Sabhara.


"Ini sesuai permintaan Mabes Polri. Kami kirim kekuatan empat SSK personel Brimob dan satu SSK personel Sabhara. Para personel melakukan pengaman penetapan," ujar Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal di Padang, Rabu (15/5/2019).

Menurut Fakhrizal, personel tersebut akan ditarik kembali ke daerah apabila kondisi di Jakarta aman.


"Untuk Brimob, sudah berangkat seminggu yang lalu untuk Sabhara pada tanggal 17 nanti diberangkatkan. Sampai nanti selesai setelah dinyatakan situasi aman, pasukan penebalan di Jakarta akan ditarik ke daerah masing-masing," kata dia.

Meski ratusan personelnya dikerahkan ke Jakarta, menurut Fakhrizal, hal itu tidak akan berpengaruh terhadap kondisi keamanan di Sumbar. Sebab, Sumbar relatif aman dan kondusif.


"Daerah kita kondusif. Makanya diminta untuk di Jakarta," kata Kapolda lagi.

Sebelumnya, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan ada sekitar 32 ribu personel gabungan yang akan dikerahkan saat pengumuman KPU pada 22 Mei nanti. Selain melakukan pengamanan secara fisik, Polri bekerja sama dengan Kemenkominfo dan BSSN menggencarkan patroli siber di media sosial.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed