detikNews
Rabu 15 Mei 2019, 10:26 WIB

Jalan Lintas Sumatera Belum Diperbaiki, Bupati Dodi Surati Kementerian PUPR

Raja Adil Siregar - detikNews
Jalan Lintas Sumatera Belum Diperbaiki, Bupati Dodi Surati Kementerian PUPR Jalan belum diperbaiki di Musi Banyuasin (Dok Humas Pemkab)
Palembang - Kerusakan jalan lintas timur perbatasan Jambi di Bayung Lencir, Musi Banyuasin, kini semakin memprihatinkan. Tak ingin kondisi ini berlarut, Bupati Dodi Reza pun menyurati Kementerian PUPR.

Keputusan ini diambil mengingat masa mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H sudah semakin dekat. Jalan rusak dikhawatirkan akan membahayakan pengendara dan dapat mengganggu arus mudik lintas Sumatera.

Pemkab Musi Banyuasin melalui surat resmi beromor: 550/862/Dishub/2019 meminta agar jalan perbatasan Jambi, khususnya di Kecamatan Bayung Lencir, segara diperbaiki.

"Jalan itu akses utama penghubung dari Sumsel ke Jambi atau sebaliknya. Kalau dari laporan ini sering terjadi kemacetan lalu lintas dan akibat dari rusaknya jalan," ujar Dodi Reza dalam keterangan tertulis diterima detikcom, Rabu (15/5/2019).

Dodi mengaku Pemkab sudah beberapa kali melakukan perbaikan jalan sekaligus penimbunan bersama pihak swasta dan warga sekitar. Namun, karena kondisi jalan yang rusak parah, hasil perbaikan ini hanya bertahan sementara.

Dalam surat itu, Dodi pun meminta pihak Kementerian PUPR segera memperbaiki jalan itu dan tuntas sebelum H-7 Idul Fitri.



"Kami minta kementerian dan pihak dari balai jalan untuk diperbaiki sebelum H-7 Lebaran. Tentu agar arus mudik tahun ini tidak terganggu dan tak ada korban jiwa karena jalan rusak yang semakin parah," tutup Dodi.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan penyebab jalan Palembang-Jambi di Sumatera Selatan yang rusak parah belum juga diperbaiki. Salah satu penyebabnya tender proyek sudah dua kali batal.

Bupati Musi Banyuasin Dodi (kanan)Bupati Musi Banyuasin Dodi (kanan). Jalan belum diperbaiki di Musi Banyuasin. (Dok Humas Pemkab)


"Saya telah sampaikan jalan Palembang batas Jambi, di Musi Banyuasin minggu lalu ini udah mulai dikerjakan. Itu karena 2 kali tender batal dan saya sudah kirim Dirjen Bina Marga cek," kata Basuki saat meninjau Jalan Tol Pematang Panggang-Kayu Agung pekan lalu.

Batalnya tender, kata Basuki, berdampak pada waktu pengerjaan. Semua paket proyek yang ditargetkan dikerjakan bulan ini pun molor.

"Batal 2 kali karena ada yang tak sesuai aturan, kami tidak mau ada salah. Maka ulang tendernya. Sekarang sudah mulai dikerjakan pakai dana darurat," ujar Basuki.

Selain ruas jalan Palembang-Jambi, ada kerusakan jalan dari Lampung hingga Palembang. Perbaikan jalan itu, menurut Basuki, dibagi menjadi 5 paket pengerjaan, yang juga batal semuanya.
(ras/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed