detikNews
Rabu 15 Mei 2019, 02:30 WIB

Round-Up

Puan Menguat di Bursa Pucuk Pimpinan Dewan

Tim detikcom - detikNews
Puan Menguat di Bursa Pucuk Pimpinan Dewan Puan Maharani (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Nama Puan Maharani menguat di bursa Ketua DPR. Usul bukan hanya berasal dari partai asal Puan, PDIP, tapi juga dari parpol lainnya.

Berdasarkan quick count dan hasil sementara Situng KPU, PDIP menduduki posisi pertama. Berdasarkan UU MD3, jatah posisi Ketua DPR diperuntukkan bagi partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama di DPR.

Selanjutnya, Wakil Ketua DPR adalah anggota DPR yang berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak kedua, ketiga, keempat, dan kelima.



Nama Puan awalnya muncul dari partai koalisi Jokowi-Ma'ruf. NasDem menilai Puan punya kapasitas menduduki kursi pimpinan DPR.

"Siapa pun yang dicalonkan PDIP, pasti kami dukung. Salah satu tokoh yang memang mumpuni PDIP adalah Ibu Puan, yang juga memperoleh suara terbesar di Indonesia dalam pileg kali ini," kata Sekjen NasDem Johnny G Plate di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (13/5/2019).

Puan Maharani / Puan Maharani (Rifkianto Nugroho/detikcom)


Pendapat yang sama datang dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). "Cocok, cocok sekali. Mbak Puan sangat layak jadi Ketua DPR," kata Cak Imin.



Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) juga menilai Puan pantas menempati kursi pimpinan DPR. "Berkompeten," ujarnya.

Bagi PDIP, usulan-usulan agar Puan menjadi Ketua DPR rasional. Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menyebut ada tiga kriteria Ketua DPR, di antaranya memiliki kepemimpinan yang teruji dan relasi yang luas. Baginya, ketiga kriteria itu ada pada sosok Puan.

"Dengan kriteria dan berbagai pertimbangan politik, prediksi yang menempatkan Puan Maharani sebagai calon terkuat Ketua DPR tentu saja sangat masuk akal," kata Hendrawan.

Apa kata Puan? Saat ini, dirinya masih fokus menjadi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Dia juga masih menunggu pengumuman KPU terkait hasil Pileg 2019.



Meski demikian, Puan membenarkan dirinya menjadi salah satu kandidat Ketua DPR RI mendatang. Namun hasil akhirnya belum diputuskan oleh PDIP.

"Ya, mungkin kandidat. Tapi belum ada hal lain yang akan menjadi keputusan. Dan alhamdulillah, sesuai UU MD3, partai pemenang pemilu dan sesuai suara proporsional nantinya yang menduduki pimpinan di DPR. Tapi siapa, kemudian bagaimana kriteria, dan lain-lain, itu kan masalahnya ada di internal partai masing-masing," kata Puan di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Puan Maharani / Puan Maharani (Ari Saputra/detikcom)


Meski demikian, wacana nama Puan jadi Ketua DPR dianggap masih terlalu dini oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

"Itu masih cerita nanti bulan Oktober. Saya rasa masih terlalu dini untuk berpendapat. Nanti kita lihat nanti pada waktunya," ucap Fadli, yang merupakan Waketum Gerindra.


Simak Juga "Jadi Kandidat Ketua DPR, Ini Kata Puan Maharani":

[Gambas:Video 20detik]


(imk/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed