DetikNews
Selasa 14 Mei 2019, 17:20 WIB

Daniel Johan-Cucun Syamsurijal Diusulkan Jadi Pimpinan DPR dari PKB

Elza Astari Retaduari - detikNews
Daniel Johan-Cucun Syamsurijal Diusulkan Jadi Pimpinan DPR dari PKB Foto: Cak Imin dengan Jazilul Fawaid. (Rengga Sancaya/detikcom).
Jakarta - PKB diprediksi akan mendapatkan satu kursi pimpinan DPR. Nama dua elite PKB, Daniel Johan dan Cucun Ahmad Syamsurijal diusulkan menjadi kandidat untuk mengisi kursi pimpinan dewan itu.

Berdasarkan UU MD3 No 2/2018, kursi Ketua DPR diberikan kepada parpol dengan raihan suara terbanyak. Sementara itu, 4 wakil pimpinan DPR menjadi jatah parpol pemenang pemilu sesuai urutan.


Dari hasil hitung cepat dan rekapitulasi sementara, PKB masuk 5 besar pemenang Pemilu 2019. Untuk itu, partai pimpinan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) itu diprediksi mengamankan satu kursi pimpinan DPR.

"Insyaallah, dalam hitungan akan dapat," ungkap Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Selasa (14/5/2019).

Daniel Johan-Cucun Syamsurijal Diusulkan Jadi Pimpinan DPR dari PKBFoto: Daniel Johan. (dok. pribadi).

Jazilul yang diprediksi akan kembali melenggang ke Senayan itu menyebut PKB akan membahasnya usai pleno penetapan KPU pada 22 Mei mendatang. Meski begitu, anggota DPR petahana dari Dapil Jawa Timur X ini punya usulan dua nama.

"Banyak kader, tunggu hasil pleno KPU tanggal 22 Mei. Tapi saya usul Daniel Johan dan Cucun Syamsurijal," kata Jazilul.

Daniel Johan-Cucun Syamsurijal Diusulkan Jadi Pimpinan DPR dari PKBFoto: Cucun Syamsurijal. (Lamhot Aritonang/detikcom).
Daniel Johan (Dapil Kalbar I) merupakan Wasekjen PKB yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR. Sementara Cucun (Dapil Jabar II) adalah Ketua Fraksi PKB. Keduanya diprediksi terpilih kembali menjadi anggota DPR.

Meski begitu, keputusan soal siapa yang akan menjadi pimpinan DPR disebut tergantung keputusan Cak Imin sebagai ketum. Jazilul mengungkap alasannya.


"Semua tergantung Cak Imin Ketum PKB. Karena meroketnya suara PKB disebabkan 'Cak Imin Effect'," sebutnya.

Sebelumnya diberitakan, nama Ketua DPP PDIP nonaktif Puan Maharani disebut jadi kandidat kuat menduduki kursi DPR. Koalisi Indonesia Kerja (KIK), termasuk PKB, juga mendukung Puan jadi orang nomor 1 di DPR tersebut.
(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed