DetikNews
Selasa 14 Mei 2019, 15:32 WIB

Bantah Ubah Situng KPU, Tsamara Jelaskan Video Viral di War Room TKN

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Bantah Ubah Situng KPU, Tsamara Jelaskan Video Viral di War Room TKN Foto: Tsamara Amany (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta - Viral di media sosial dan grup-grup WhatsApp (WA) video Ketua DPP PSI Tsamara Amany sedang menginput data C1. Narasi video itu menyebutkan Tsamara dengan sesuka hati mengubah data C1 di Situng KPU. Tsamara Amany menepis narasi tersebut.

Video yang dimaksud Tsamara yakni berdurasi 1.01 menit. Dilihat detikcom, Selasa (14/5/2019), Tsamara yang mengenakan kacamata sedang berada di depan komputer dan tampak menginput data C1.


"Ada yg kenal ibu ini??? Ternyata tim TKN hebat bisa rubah2 data seenak udelnya..msh percaya situng KPU??" begitu tulisan narasi yang mengiringi penyebarluasan video Tsamara sedang menginput data C1

Tsamara menegaskan narasi di atas merupakan hoax. Tsamara sendiri mengaku geli dengan informasi sesat itu.

"Video yang beredar itu tidak benar dan upaya menjatuhkan kubu 01 dan KPU seolah-olah telah melakukan kecurangan. Di satu sisi saya miris ada hoax semacam ini. Di sisi lain merasa lucu karena hoaxnya kok ngaco banget," ucap Tsamara.

Lalu, bagaimana fakta sebenarnya terkait video penginputan data C1 itu? Tsamara menjelaskan kalau peristiwa di video itu terjadi di War Room Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin.


Politikus muda itu menyebut mereka melakukan input data ke database real count TKN, bukan Situng KPU seperti dalam narasi hoax yang disebarluaskan itu. Dia menegaskan data C1 itu dimiliki dua kubu Pilpres 2019.

"Video itu diambil di War Room TKN di mana di dalamnya kami meng-input data C1 ke dalam database real count TKN. Tidak ada yang salah dan haram di situ. Itu adalah data C1 yang bisa dimiliki juga oleh saksi 02," tegas Tsamara Amany.
(gbr/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed