DetikNews
Selasa 14 Mei 2019, 11:56 WIB

Ketua DPRD DKI Usul Presiden dan Kepala Daerah Dipilih Legislatif

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Ketua DPRD DKI Usul Presiden dan Kepala Daerah Dipilih Legislatif Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi (Haris Fadhil/detikcom)
Jakarta - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi (Pras) menilai pemilu tahun ini paling berat. Dia mengusulkan pemilihan presiden, gubernur, hingga wali kota diserahkan ke DPR dan DPRD.

"Kebetulan kemarin ini juga kami merasakan bahwa ini adalah pemilu yang paling berat yang tahun 1955 sampai tahun 2019 ini adalah pemilu yang sangat luar biasa, apalagi nanti di tahun 2024 akan ditambah lagi satu, pemilihan gubernur ya," kata Pras kepada wartawan, Selasa (14/5/2019).


Pras mengusulkan agar pemilihan presiden dan gubernur dipilih legislatif supaya kejadian yang menimpa petugas KPPS tak terulang. Dia menilai usulannya tersebut bisa dipertimbangkan.

"Saya minta ke pemerintah, khususnya, untuk memperbaiki sistem pemilihan umum ke depan, jadi presiden dipilih oleh DPR RI, gubernur, wali kota, bupati dipilih oleh DPRD," jelasnya.


Pras menilai pemilihan langsung hanya untuk memilih calon anggota legislatif. Dia juga menyampaikan belasungkawa terhadap korban petugas KPPS.

"Karena bukan apa-apa dari sampai tanggal 22 Mei-nya, sampai hari ini banyak sekali yang kelelahan teman-teman KPPS. Saya juga berbelasungkawa kepada KPPS yang sudah mendahului kita," paparnya.


Simak Juga "Update Real Count Pilpres 2019!":

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed