DetikNews
Senin 13 Mei 2019, 20:51 WIB

PDIP Prediksi Kursinya Berkurang di DPRD DKI

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
PDIP Prediksi Kursinya Berkurang di DPRD DKI Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi (Haris Fadhil/detikcom)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Jakarta - Penasihat Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi (Pras) memprediksi kursi partainya berkurang. Pras memprediksi PDIP mendapat 25 kursi dari sebelumnya 28 kursi.

"Masalah kemenangan Jakarta juga, kita kehilangan tiga kursi. Dari laporan pleno KPU, dari 28 jadi 25 kursi. Ya saya terima kasih. Karena bukan apa-apa. Karena caleg kalau nggak kerja 5 tahun ya sanksinya masyarakat nggak bisa memilih dia lagi," kata Pras kepada wartawan, Senin (13/5/2019).


Pras menilai pemilu serentak ini berdampak pada perolehan suara PDIP. Menurutnya, warga hanya berfokus pada pilpres dibandingkan pileg.

"Ini adalah pemilu yang sangat berat," sebutnya.

Pras juga menyinggung PSI, yang dinilai meraup suara dari PDIP. Dia menilai PSI mempunyai segmen yang sama dengan partainya.


"Mungkin segmen pasarnya hampir sama dengan PSI. Mungkin karena partai baru, dan suara kita agak sedikit, nggak masalah," sebutnya.

Pras sendiri mengusulkan agar pemilu hanya ditujukan untuk memilih anggota legislatif. Sedangkan untuk presiden hingga wali kota dipilih DPR dan DPRD.

"Kita harap pemerintah memperbaiki sistem pemilu ke depan. Jadi presiden dipilih oleh DPR. Gubernur dan wali kota bupati dipilih DPRD, saya rasa itu objektif," sebutnya.


Terkait anggota DPRD DKI Jakarta nanti, Pras mengatakan 60 persen merupakan wajah baru. Dia optimistis kinerja anggotanya tetap baik.

"Kurang-lebih 60 persen banyak caleg baru, tokoh baru di DPRD. Mudah-mudahan bisa kerja dengan baik," jelasnya.
(fdu/jbr)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed