detikNews
Minggu 12 Mei 2019, 18:32 WIB

Peringati 70 Tahun Bilateral, Anies-Dubes Inggris Tanam Pohon Bersama

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Peringati 70 Tahun Bilateral, Anies-Dubes Inggris Tanam Pohon Bersama Anies Baswedan dan Dubes Inggris Moazzam Malik. (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri pembukaan pameran dan penanaman pohon dalam rangka memperingati 70 tahun bilateral Indonesia-Inggris. Anies dan Dubes Inggris Moazzam Malik melakukan simbolis menanam pohon.

"Saya ingin sampaikan terima kasih. Karena pilihan menanam pohon ini menjadi sangat penting. Kita bisa buat plakat yang aman tapi untuk kota Jakarta kita mengalami tantangan lingkungan hidup, karenanya penting bagi kita mengkampanyekan Jakarta yang hijau," kata Anies di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jl Imam Bonjol No 1 Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (12/5/2019).



Anies mengatakan, penanaman pohon ini memiliki makna soal hubungan dua negara. Dia menganalogikan, hubungan suatu negara harus kuat dari akarnya.

"Pohon ini menyimbolkan bahwa untuk memiliki ranting yang kuat dan besar, menjangkau kemana-mana, akarnya harus kuat. Dan hubungan Indonesia dengan Inggris bisa menjangkau kemana-mana, ke semua sektor. Maka akarnya harus kuat. Saya sampaikan tadi akarnya adalah hubungan di bidang pendidikan dan kita atas nama Pemkot Jakarta bersama kedutaan Inggris consult mengadakan pendidikan bahasa Inggris untuk anak-anak kita dan harapan itu bisa menjangkau lebih luas," ujar Anies.

Anies Baswedan dan Dubes Inggris Moazzam Malik.Anies Baswedan dan Dubes Inggris Moazzam Malik. (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)


Anies kemudian menyinggung Moazzam yang sebentar lagi meninggalkan Indonesia. Menurut Anies, jasa Moazzam akan tetap berbekas di Tanah Air.

"Saya percaya kehadiran beliau 5 tahun di Indonesia meninggalkan bekas yang amat panjang. Karena itu atas nama Pemprov DKI saya ingin sampaikan terima kasih. Pak Moazzam dan Istri adalah pasangan yang luar biasa. Insyaallah menjadi contoh bagi yang lain," paparnya.



Sementara itu, Moazzam menyampaikan terima kasih atas kehadiran Anies. Dia mengenang pendahulunya yang juga pernah menanam pohon di lokasi yang sama untuk merayakan pengangkatan Raja George VI. Pohon yang ditanam yakni tanaman jenis sepatu dea.

"Pohon ini menjadi salah satu simbol untuk persahabatan Indonesia dan Inggris di depan bangunan yang digunakan sebagai kediaman untuk perwakilan dari Inggris. Gedung ini bersejarah untuk Indonesia. Jadi kami memilih gedung ini untuk menanam pohon lagi tetapi juga untuk merayakan hubungan yang berpotensi untuk masa depan kita," ujar Moazzam.



Moazzam juga bicara soal negara Indonesia yang disebutnya memiliki potensi yang baik ke depan. "Indonesia harus memainkan peran yang sangat penting untuk memastikan Asia abad ke 21 diceritakan sebagai abad Asia. Sebagai negara sahabat di kawasan Eropa, kami sangat berminat untuk mendukung, bekerja sama, dan untuk membagikan keberhasilan dengan negara-negara di Asia," katanya.
(idn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com