detikNews
Sabtu 11 Mei 2019, 21:34 WIB

KPU ke Fahri soal Isu KPPS Meninggal: Kami Nggak Resisten, Ada Fakta Sampaikan

Yulida Medistiara - detikNews
KPU ke Fahri soal Isu KPPS Meninggal: Kami Nggak Resisten, Ada Fakta Sampaikan Foto: Arief Budiman (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meminta KPU tidak resisten terhadap temuan dan pertanyaan publik atas fakta-fakta yang ada di lapangan terkait meninggalnya petugas KPPS. KPU mengaku tidak resisten dan mempersilakan Fahri mengungkapkan fakta bila terbukti ada petugas KPPS yang meninggal karena diracun.

"Nggak, KPU nggak pernah resisten. Tinggal sampaikan saja kalau memang ada faktanya disampaikan. Silakan, nanti diselesaikan sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang berlaku," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (11/5/2019).


Fahri sebelumnya meminta KPU membentuk tim investigasi untuk mengetahui penyebab KPPS meninggal dunia. Namun Arief menjelaskan belum ada urgensi pembentukan tim tersebut karena KPU langsung menyelesaikan permasalahan petugas yang meninggal dengan cepat.

"Kalau KPU nggak. KPU kan melihat bagaimana kita harus menyelesaikan, merespons kejadian-kejadian ini dengan baik dan cepat. Kalau masih pakai pembentukan-pembentukan tim fakta, dalam pandangan KPU belum perlu," sambungnya.

Sebelumnya, KPU meminta isu petugas KPPS tewas diracun tidak dipolitisasi. Fahri Hamzah yang sempat mengungkap soal isu tersebut kembali mengkritik KPU.


"KPU sebaiknya jangan terus-terusan resisten terhadap temuan dan pertanyaan publik atas fakta-fakta yang ada di lapangan," ungkap Fahri Hamzah kepada wartawan, Sabtu (11/5).

Fahri beberapa kali memberi kritikan kepada KPU lantaran ada banyak petugas penyelenggara pemilu yang meninggal dunia. Ia juga sempat mendapat laporan investigasi dari sejumlah dokter soal kemungkinan KPPS meninggal dunia karena diracun.
(yld/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com