detikNews
Sabtu 11 Mei 2019, 20:56 WIB

Anies di Depan Jemaah Tarawih: Ibu Kota Adalah Simpul Persatuan

Faiq Hidayat - detikNews
Anies di Depan Jemaah Tarawih: Ibu Kota Adalah Simpul Persatuan Foto: Anies Baswedan di Masjid Istiqlal (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berbicara persatuan di hadapan jemaah salat tarawih di Masjid Istiqlal. Menurut Anies, Ibu Kota Jakarta adalah simpul persatuan di Indonesia.

"Kita menyadari persis Ibu Kota adalah simpul dari persatuan Indonesia, saya sering menggarisbawahi yang unik bangsa Indonesia bukan kebhinnekaannya saja, yang unik bangsa Indonesia justru persatuannya," kata Anies saat sambutan di Masjid Istiqlal, Jalan Taman Wijaya Kusuma, Jakarta Pusat, Sabtu (11/5/2019).


Anies hari ini menggelar acara buka puasa bersama dengan jajaran Pemprov DKI. Kemudian Anies melanjutkan ibadah salat tarawih bersama anak buahnya.

Kembali pada Anies, mantan Mendikbud itu menyebut Indonesia banyak berbagai macam suku seperti Betawi hingga Sunda. Tapi Jakarta adalah simpul persatuan.

"Dalam konteks itu umat Islam memainkan peran besar, apalagi di Jakarta karena bila Jakarta terjadi suasana bersatu insyaallah di Indonesia merasakan persatuan," jelas dia.

Anies merasa senang banyak warga DKI yang salat tarawih di Masjid Istiqlal. Sebab itu, ia berharap jemaah salat tarawih bisa mengeratkan tali silaturahmi di Ramadhan.

"Tadi sudah disampaikan bapak ketua panitia, bersyukur Masjid Istiqlal ini kebanggaan Indonesia menjadi rujukan di Asia Tenggara bisa menjadi tempat Islam, khususnya umat Islam di Jakarta untuk mengeratkan silaturahmi," tutur dia.


Selain itu, Anies juga berjanji marbot atau penjaga masjid akan mengirimkan ke Tanah Suci Mekah untuk melaksanakan ibadah haji atau umrah. Saat ini ada sekitar 200 orang marbot berada di DKI, termasuk Masjid Istiqlal.

"Ketika berkumpul di Balai Kota saya tanya para marbot semua, siapa di antara bapak ibu semua yang belum pernah naik pesawat terbang? Dan hampir semua marbot mengacungkan tangan belum pernah naik pesawat, alhamdulillah mereka naik pesawat terbang pertama kali untuk bersujud ke Tanah Suci Mekah. Insyaallah akan lebih banyak lagi," tutur Anies.
(fai/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com