DetikNews
Sabtu 11 Mei 2019, 16:25 WIB

Jalaludin Pelapor Kivlan Zen Resmi Dilaporkan Balik ke Bareskrim

Zakia Liland Fajriani - detikNews
Jalaludin Pelapor Kivlan Zen Resmi Dilaporkan Balik ke Bareskrim Tim pengacara Kivlan Zen, Pitra Romadoni Nasution (berjas) setelah melaporkan balik pelapor Kivlan di Bareskrim Polri, Sabtu (11/5/2019). (Zakia Liland/detikcom)
FOKUS BERITA: Kasus Makar Jilid II
Jakarta - Tim pengacara Kivlan Zen melaporkan balik Jalaludin ke Bareskrim Polri. Jalaludin sebelumnya melaporkan Kivlan Zen atas dugaan penyebaran berita hoax dan dugaan makar.

"Kita resmi telah melaporkan balik Saudara Jalaludin dengan Pasal 220 KUHP jo Pasal 317 KUHP dengan dasar keterangan palsu ataupun pengaduan palsu," kata pengacara Kivlan Zen, Pitra Romadoni Nasution, setelah melaporkan Jalaludin ke Bareskrim Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jaksel, Sabtu (11/5/2019).

Keterangan palsu yang dimaksud Pitra adalah Jalaludin dalam laporannya menyertakan video orasi Kivlan Zen. Menurut Pitra, kliennya tidak pernah berbicara tentang makar dalam video tersebut.





"Perlu diketahui bahwasanya pidato tersebut tidak ada mengandung makar seperti apa yang dituduhkan oleh Saudara Jalaludin tersebut. Akan tetapi, semua yang diucapkan dia berjalan dengan damai seperti aksi unjuk rasa kemarin dan itu massanya cuma 200. Dia (Kivlan Zen) hanya bicara 'kalau kita akan merdeka'. Ini kan bisa merdeka pikiran, merdeka dari pendapat, merdeka dari tekanan dan lain-lain. Ini kan multitafsir," papar Pitra.





Pitra memastikan Kivlan Zen, yang berada di Batam, dalam kondisi sehat. Kivlan, ditegaskan Pitra, akan memenuhi panggilan Bareskrim Polri pada Senin (13/5).

"Seorang jenderal tidak pernah istilahnya mengkhianati negaranya karena dia jenderal dididik Pancasilais dan negarawan," ujar Pitra.
(fdn/fdn)
FOKUS BERITA: Kasus Makar Jilid II
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed