DetikNews
2019/05/10 19:40:51 WIB

Round-Up

Perjuangan RI untuk Palestina Diganjal Amerika

Danu Damarjati, Rita Uli Hutapea, Zakia Liland Fajriani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Perjuangan RI untuk Palestina Diganjal Amerika Menlu Retno di Forum PBB menggalang penolakan terhadap permukiman Israel di Palestina. (Foto: dok. Kemlu)
Jakarta - Perjuangan Indonesia untuk Palestina di Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendapat 'ganjalan' dari Amerika Serikat. AS mengecam pertemuan soal Israel yang dipimpin Indonesia. Berikut rangkumannya.


RI Serukan Setop Pembangunan Permukiman Israel di Palestina

Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi berbicara di forum yang diinisiasi Indonesia di Markas Besar PBB. Dia mengajak dunia internasional mendukung penghentian pembangunan permukiman ilegal milik Israel di Palestina.

Retno berbicara di forum pertemuan informal dalam format Arria Formula dengan tema 'Permukiman dan Pemukim Ilegal Israel: Inti dari Pendudukan, Krisis, Perlindungan, dan Penghalang terhadap Perdamaian'. Forum yang digelar pada Kamis (9/5) waktu setempat itu diselenggarakan Indonesia, Kuwait, dan Afrika Selatan. Isu Palestina menjadi salah satu prioritas Indonesia sebagai anggota di Dewan Keamanan PBB.

"Terus berlangsungnya pembangunan permukiman ilegal oleh Israel di wilayah pendudukan Palestina tidak dapat diterima," kata Retno di hadapan anggota Dewan Keamanan PBB di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat, sebagaimana keterangan pers Kementerian Luar Negeri yang diterima detikcom, Jumat (10/5/2019).



Tiga poin penting yang disampaikan Retno adalah, pertama, pembangunan permukiman Israel itu memudarkan harapan solusi dua negara. Kedua, permukiman itu adalah sumber pelanggaran terhadap Palestina. Ketiga, masyarakat internasional harus berusaha menghentikan pembangunan permukiman ilegal Israel itu. Dia mengusulkan adanya hari khusus untuk mengangkat isu ini.

"Untuk itu, perlu ada tekanan yang besar dari masyarakat internasional untuk menghentikan pemukiman ilegal Israel di Palestina. Salah satu upaya yang dapat dipertimbangkan adalah dengan menetapkan Hari Solidaritas Internasional bagi Korban Pemukiman Ilegal," kata Retno.

Perjuangan RI untuk Palestina Diganjal AmerikaMenlu Retno di Forum PBB, menggalang penolakan terhadap permukiman Israel di Palestina. (Foto: dok Kemlu)



AS Kecam Pertemuan yang Dipimpin Indonesia

Utusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk Timur Tengah, Jason Greenblatt, mengecam Dewan Keamanan PBB karena 'mengulangi pembicaraan yang melelahkan' dengan mengkritik permukiman Israel. Greenblatt mengomentari pertemuan informal DK PBB yang dipimpin oleh Indonesia mengenai pembangunan permukiman Israel di tanah Palestina, yang oleh PBB dianggap ilegal.



Greenblatt membantah anggapan bahwa perluasan permukiman Yahudi merupakan penghalang perdamaian Israel-Palestina dan ilegal berdasarkan hukum internasional.

"Mari kita semua berhenti berpura-pura bahwa permukiman adalah apa yang selama ini mengganjal proses perdamaian yang sedang dinegosiasikan," kata Greenblatt dalam pertemuan tersebut seperti dilansir dari kantor berita AFP, Jumat (10/5/2019). "Fokus lelucon dan obsesif pada satu aspek dari konflik rumit ini tidak membantu siapa pun," imbuhnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed