Round-Up

Perjuangan RI untuk Palestina Diganjal Amerika

Danu Damarjati, Rita Uli Hutapea, Zakia Liland Fajriani - detikNews
Jumat, 10 Mei 2019 19:40 WIB
Menlu Retno di Forum PBB menggalang penolakan terhadap permukiman Israel di Palestina. (Foto: dok. Kemlu)


Utusan Trump itu pun mengkritik DK PBB karena mengucilkan Israel soal perluasan permukiman namun tidak mengutuk gerakan Hamas dan Jihad Islam yang menembakkan roket-roket ke Israel.

"Alih-alih menuntut pertanggungjawaban dari Hamas dan Jihad Islam... kita terus mengulangi poin pembicaraan yang melelahkan, yang telah berlangsung sekitar 20 tahun," cetusnya.

Perjuangan RI untuk Palestina Diganjal AmerikaMenlu Retno di Forum PBB menggalang penolakan terhadap permukiman Israel di Palestina. (Foto: dok. Kemlu)



RI Tegaskan Dukungan untuk Palestina

Menjawab kecaman Amerika Serikat, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menegaskan kembali tujuan pertemuan di Dewan Keamanan PBB. RI menegaskan mendukung Palestina.

"Pelaksanaan pertemuan mengenai Palestina adalah bentuk dukungan Indonesia sebagai anggota DK PBB untuk perjuangan Palestina," kata juru bicara Kemlu, Arrmanatha Nasir, saat dihubungi, Jumat (10/5/2019).



"Setiap pelaksanaan pertemuan Arria Formula perlu mendapatkan persetujuan dan dukungan anggota DK PBB, termasuk isu yang akan dibahas. Yang disampaikan AS pada pertemuan kemarin adalah posisi yang selama ini dipegang terkait isu Palestina dan dukungannya kepada Israel," sambungnya.
selanjutnya
Halaman

(imk/knv)