DetikNews
Kamis 09 Mei 2019, 15:18 WIB

Warung Makan di Mataram yang Buka Siang Hari Dirazia Satpol PP

Tim detikcom - detikNews
Warung Makan di Mataram yang Buka Siang Hari Dirazia Satpol PP ilustrasi (Foto: detikcom)
Mataram - Satpol PP merazia sejumlah warung dan rumah makan yang masih buka di siang hari. Sejumlah warung makan banyak yang kena razia karena mereka tak tahu harus tutup siang hari selama bulan puasa.

"Tahap pertama ini, kami tidak menyita dagangan mereka hanya sebatas memberikan teguran dan peringatan," kata Komandan Satuan Polisi Pamong Praja (Dansatpol PP) Kota Mataram Bayu Pancapati di Mataram.



Ia mengatakan, beberapa titik warung yang ditertibkan adalah pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Peresean, Jalan Ismail Marzuki dan di kawasan Cakranegara. Pedagang beralasan mereka belum menerima edaran tentang jam buka dan tutup warung makan selama Ramadhan, padahal edaran tersebut sudah menjadi aturan baku setiap tahun dan telah disebar aparat setempat H-2 Ramadhan.

"Alasan pedagang ini tidak bisa kita toleransi, sebab meskipun tidak terima edaran tapi setiap tahun mereka pasti sudah tahu aturannya. Di mana selama puasa, pedagang makanan boleh buka mulai pukul 17.00 WITA hingga menjelang sahur," katanya.



Bayu mengatakan, dari tiga titik lokasi yang dirazia anggotanya, kondisi paling parah terjadi di Jalan Ismail Marzuki sebab petugas parkir di kawasan tersebut mengarahkan setiap pengendara atau warga yang melintas untuk mampir makan.

"Inikan tidak benar, jadi orang yang sebenarnya khusyuk berpuasa jadi terganggu," katanya.



(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed