DetikNews
Rabu 08 Mei 2019, 21:24 WIB

Kemlu Gelar Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Award 2019

Zakia Liland Fajriani - detikNews
Kemlu Gelar Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Award 2019 Kemlu kembali mengadakan Hassan Wirajuda Perlindungan Award (HWPA) Foto: Zakia Liland/detikcom
Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengadakan Hassan Wirajuda Perlindungan Award (HWPA) untuk kelima kalinya. Award ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pihak-pihak yang berperan dalam upaya perlindungan WNI.

"Dari awalnya dibentuk Hassan Wirajuda Perlindungan Award adalah untuk menumbuhkan kultur pengakuan terhadap peran pihak-pihak di luar Kemlu dan perwakilan di dalam upaya-upaya perlindungan WNI," ujar Direktur Perlindungan WNI Kemlu, Lalu Muhamad Iqbal dalam jumpa pers di kantin Diplomasi kompleks Kemlu, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2019).

Ada delapan kategori, yaitu mitra kerja sama Kemlu, Kepala Perwakilan, staf Perwakilan RI, mitra kerja Perwakilan RI, masyarakat madani Indonesia, jurnalis/media, pemerintah daerah. Satu kategori terbaru yakni pelayanan publik di perwakilan RI.





Sedangkan untuk kategori jurnalis/media, para jurnalis dapat ikut serta menampilkan karya-karya jurnalistik berkaitan dengan isu perlindungan WNI.

Ada juga kategori untuk kementerian, lembaga, pemerintah daerah, perwakilan masyarakat juga dapat mengusulkan individu atau lembaga yang dipandang layak untuk mendapatkan HWPA 2019 melalui Iaman hwpa.kemlu.go.id sampai dengan 17 Mei 2019.

"Dengan menumbuhkan budaya pengakuan dengan pihak lain tersebut at the same time kita juga menumbuhkan ownership karena peran mereka diakui, mereka memiliki ownership terhadap isu perlindungan WNI ini," tuturnya.




Kontribusi yang dilakukan para nominasi HPWA 2019 dapat berupa peran aktif dalam upaya perlindungan WNI dan bantuan hukum Indonesia (BHI) di luar negeri.

Kemudian membuat sistem/kebijakan/program/inovasi di bidang perlindungan WNI baik yang bersifat pencegahan dini, maupun tanggap cepat (immediate response).
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed