DetikNews
Rabu 08 Mei 2019, 18:32 WIB

Pemilu di Bogor Lancar, Saksi Parpol hingga MUI Apresiasi KPU-Bawaslu

Mei Amelia R - detikNews
Pemilu di Bogor Lancar, Saksi Parpol hingga MUI Apresiasi KPU-Bawaslu Pemilu serentak 2019 (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Pemilu di Kabupaten Bogor yang berjalan lancar diapresiasi saksi parpol hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI). Apresiasi juga disampaikan kepada TNI-Polri yang mengamankan Pemilu.

"Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada KPU Kabupaten Bogor, Bawaslu Kabupaten Bogor yang menurut saya telah sukses melaksanakan Pemilu walaupun Kabupaten Bogor wilayah terbesar dan suara terbesar di seluruh Indonesia tapi dalam pelaksanaan alhamdulillah berjalan aman, jujur, transparan," kata Ketua Badan Pemenangan Daerah Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Kabupaten Bogor, Suhandi, lewat keterangan yang diterima, Rabu (8/5/2019).


Hal ini disampaikan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi yang digelar hari ini di Hotel Olympic Renotel Sentul Kabupaten Bogor. Hal senada disampaikan juga saksi-saksi dari PDIP, PPP, PAN, dan PSI.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Dia melihat pihak-pihak terkait bekerja maksimal dalam waktu yang panjang dan melelahkan.

"Kami nilai cukup luar biasa dengan waktu yang cukup melelahkan dan panjang kami apresiasi dan sistem pemilu yang tahun ini kami rasakan dan kami lihat cukup jujur adil dan transparan karena proses perhitungan juga tidak terlalu banyak hanya di tingkat kecamatan dan Kabupaten itu akan meningkatkan kualitas dari pemilihan tersebut," ucap Iwan.


Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Bogor KH Ahmad Mukri Aji mengatakan para ulama di Bogor sepakat untuk menerima dan mendukung penuh penetapan KPUD dan Bawaslu Bogor. Mukri juga meminta masyarakat untuk bersabar menunggu keputusan KPU pusat pada 22 Mei nanti.

Mukri dalam rapat pleno juga mengajak hadirin untuk mendoakan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dalam bertugas. Dia mendoakan yang terbaik untuk para petugas KPPS yang meninggal.

"Di samping itu seluruh ulama Kabupaten Bogor mendoakan dengan ikhlas dan penuh syukur kepada saudara-saudara kita para petugas baik di TPS, KPPS maupun pengawas pemilu yang kembali ke hadirat Allah SWT yang wafat dan insyaallah dalam keadaan khusnul khotimah semoga mereka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda di sisi Allah SWT sebagai pahlawan demokrasi Republik Indonesia tahun 2019 ini dan mudah-mudahan berbagai kealpaan dan kesalahannya akan diampuni oleh Allah SWT," kata Mukri.


Rapat pleno rekapitulasi KPUD Kabupaten Bogor dijaga ketat petugas Polres Bogor, Brimob, TNI, dan Satpol PP hingga selesai aman lancar dan kondusif.

Hasil rekapitulasi KPUD Kabupaten Bogor sendiri hasilnya yakni pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul dengan perolehan 2.035.552 suara. Sementara Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapatkan 862.122 suara. Total ada 2.897.675 suara sah dan 81.359 suara tidak sah.


Update Real Count Pilpres 2019!:

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed