detikNews
2019/05/07 19:02:20 WIB

Round-Up

Blusukan Jokowi Cari Calon Ibu Kota RI

Ray Jordan - detikNews
Halaman 1 dari 2
Blusukan Jokowi Cari Calon Ibu Kota RI Jokowi meninjau calon ibu kota. (Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuktikan keseriusan rencana pindah ibu kota dengan cara blusukan ke calon wilayah yang dipertimbangkan. Begini kegiatan Jokowi saat blusukan.

Jokowi bertolak ke Balikpapan melalui Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (7/5/2019) pukul 09.00 WIB. Jokowi menumpangi pesawat kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Timur adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN Sofyan A Djalil, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, serta Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjutak.



"Kita ingin melihat visi ke depan kita seperti apa. Indonesia sebagai negara besar juga ingin memiliki pusat pemerintahan yang terpisah dengan pusat ekonomi, bisnis, perdagangan, dan jasa. Ini kita ingin menapak ke depan sebagai sebuah negara maju," kata Jokowi, Selasa (7/5/2019).

Jokowi tinjau calon ibu kota / Jokowi meninjau calon ibu kota. (Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)


Dalam kunjungan ini, Jokowi sedikit menjelajahi kawasan Bukit Soeharto, yang berlokasi di Kawasan Taman Hutan Raya, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Selama peninjauan berlangsung, Jokowi mendapatkan paparan dari Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kaltim Zairin Zain.

"Memang ada beberapa lokasi yang sudah kira-kira 1,5 tahun ini dikaji, yang salah satunya adalah di Kalimantan Timur yang kurang dan lebih kita datangi siang hari ini," ujar Jokowi.



Jokowi menyebut wilayah yang dikunjunginya itu memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya kelengkapan infrastruktur pendukung yang telah tersedia di sekitar kawasan.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed