DetikNews
Senin 06 Mei 2019, 11:22 WIB

Hasil Rekapitulasi Suara, Jokowi Kalah Telak di Lhokseumawe

Datuk Haris Molana - detikNews
Hasil Rekapitulasi Suara, Jokowi Kalah Telak di Lhokseumawe Capres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin. (Foto: Matius Alfons/detikcom)
Lhokseumawe - Pasangan calon presiden nomor 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, kalah telak di Kota Lhokseumawe, Aceh. Suara Jokowi-Ma'ruf terpaut jauh dari lawannya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Berdasarkan data pada sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara capres-cawapres dari setiap kecamatan di Kota Lhokseumawe, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 8.042 suara. Sementara Prabowo-Sandi Uno memperoleh 87.396 suara.


Jumlah tersebut menjadikan pasangan 01 kalah telak di Kota Lhokseumawe yang merupakan daerah tempat Jokowi sempat bekerja dan tinggal selama tujuh bulan.

"Jumlah seluruh suara sah sebanyak 95.438, sementara suara tidak sah 2.720. Jumlah seluruh suara sah dan tidak sah adalah 98.158," kata Komisioner KIP/KPU Kota Lhokseumawe dimintai konfirmasi detikcom, Senin (6/5/2019).

Mulyadi menyebutkan tingkat partisipasi pemilih mencapai 73%. Data ini bersifat perkiraan, karena dia belum menghitung secara menyeluruh. Sementara prosesi pleno berjalan dengan lancar dan aman.

"Alhamdulillah pleno KIP Kota Lhokseumawe berjalan lancar tanpa ada protes atau sanggahan dari saksi dan Panwaslih/Panwaslu Kota Lhokseumawe," sebut Mulyadi.


Setelah pleno di tingkat kabupaten usai, pihaknya hari ini juga akan mengantarkan hasil pleno ke KIP/KPU Aceh. Nantinya akan diplenokan lagi di tingkat provinsi.


Update Real Count Pilpres 2019!:

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed