DetikNews
Minggu 05 Mei 2019, 17:35 WIB

Usulan Ganjil Genap Tol Saat Mudik, Menhub: Kalau Saya Maunya Iya

Nabilla Putri - detikNews
Usulan Ganjil Genap Tol Saat Mudik, Menhub: Kalau Saya Maunya Iya Foto: Mohammad Abdrurosyid
Jakarta - Korlantas Polri mengeluarkan wacana penerapan sistem ganjil genap. Wacana ini pun ditangggapi positif Menhub Budi Karya Sumadi. Budi mengaku setuju atas usulan tersebut dan dianggap efektif untuk menekan lonjakan pemudik.

"Seumpamanya jadi, katakanlah jadi, maka hari-harinya berganti, kalau hari ganjil yang (plat) ganjil masuk tol, yang genap pakai jalur pantura," ungkap Budi saat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Minggu (5/5/2019).


Meski menyambut baik wacana tersebut, Budi mengaku wacana itu baru akan diputuskan akhir minggu pertama puasa ini.

"Kalau saya maunya iya, tinggal yang lain punya argumentasi nggak, membuat itu menjadi tidak. Kalau saya merasa ini salah satu pemecahan (masalah macet tol)," tutur Budi Karya.

Di sisi lain selepas Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran Tahun 2019 di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi turut menanggapi usulan yang diberikan oleh Menhub soal ganjil genap di jalan tol saat mudik Lebaran.

"Bagus (usulan ganjil genap), saya sudah buat skemanya dengan pak menteri juga kapan tanggalnya, kapan jamnya, dan ruasnya, ruasnya kemungkinan Jakarta-Cikampek. Untuk itu pak Menteri mintakan saya besok untuk rapat kembali di kementerian jam sembilan," tutur Budi Setiyadi.


Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri yang juga menghadiri Rakor, ikut serta menanggapi usulan ganjil genap di jalan tol Jakarta-Cikampek nantinya.

"Bisa saja kemungkinan itu kita lakukan (ganjil genap), memang ada beberapa kemungkinan. Pertama dengan pergerakan normal, kemudian bisa saja kita lakukan contra flow pada ruas jalan tertentu pada beberapa situasi kepadatan ruas tertentu itu, bisa juga dengan genap ganjil," papar Refdi.


Simak Juga "Jokowi Pede Trans Jawa dan Trans Sumatera Mudahkan Arus Mudik":

[Gambas:Video 20detik]


(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed