DetikNews
Sabtu 04 Mei 2019, 16:30 WIB

Persiapan Mudik, Menhub Tinjau Terminal Tirtonadi Lewat Sky Bridge

Nabilla Putri - detikNews
Persiapan Mudik, Menhub Tinjau Terminal Tirtonadi Lewat Sky Bridge Menhub Budi Karya meninjau Terminal Tirtonadi Solo (Foto: Nabilla Putri/Detikcom)
Surakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Terminal Tirtonadi di Surakarta, Jawa Tengah. Tinjauan tersebut perihal persiapan angkut mudik lebaran 2019, sebelumnya ia melakukan rapat bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan Wali Kota Surakarta di kawasan stasiun Kereta Api Solo Balapan.

Usai rapat koordinasi, Budi langsung meluncur ke Terminal Tirtonadi dengan berjalan kaki melalui jalur sky bridge. Di sepanjang perjalanan, wali kota Solo F X Rudiatmo, menjelaskan tentang pembangunan peron tunggu dan peron bandara yang sedang dibangun.

Tak mau melewatkan kesempatan tersebut, Budi ikut masuk dan melihat sekitar area peron yang sedang dalam pembangunan tersebut.

"Bagus ya tadi (kontruksi) peronnya," ucap Budi kepada detikcom, Sabtu (4/5/2019).

Disepanjang 400 meter sky bridge yang menghubungkan antara stasiun kereta api dengan terminal, Budi menyempatkan waktu untuk menyapa warga yang ada di sky bridge.


Budi menyempatkan mengunjungi salah satu kios kopi dan berbincang dengan pemilik kios. Disambut dengan hangat, Budi juga disuguhkan kopi khas terminal saat berbincang dengan pemilik kios. Budi juga menanyakan tentang penghasilan selama membuka usaha di terminal ini.

"Diicipi pak, kopinya terminal ini, hehe," ungkap pemilik kios Halimah.

Persiapan Mudik, Menhub Tinjau Terminal Tirtonadi Lewat Sky BridgeFoto: Nabilla Putri/Detikcom

Setelah puas bercengkerama, Budi melanjutkan perjalanannya menuju ruang rapat terminal Tirtonadi. Dalam rapat, Direktur Prasarana Transportasi Darat Kementerian Perhubungan Risal Wasal bersama pihak Direktur Kelembagaan Mandiri, Sandra, tentang kerja sama penataan terminal.

Dalam rapat tersebut, dipaparkan tentang penataan kios makanan dan minuman, souvenir, oleh-oleh, travel dan fasilitas-fasilitas yang ada di terminal Tirtonadi Tipe A.


Dalam rapat tersebut, Budi juga menyampaikan keinginannya agar terminal bus menjadi terminal yang layak dan jauh dari kesan kumuh.

"Mandiri bisa menangkap ini sebagai kesempatan untuk suatu usaha, dengan usaha bus ini bagus, orang makin banyak. Oleh karenanya mudik lebaran tahun ini menganjurkan agar masyarakat yang balik lebaran tidak menggunakan angkutan pribadi," tutu Budi.
(idr/idr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed