detikNews
Jumat 03 Mei 2019, 16:39 WIB

Cek Video Massa Berbaju Hitam, Polda Metro Buru Pelaku Vandalisme

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Cek Video Massa Berbaju Hitam, Polda Metro Buru Pelaku Vandalisme Gedung Polda Metro Jaya/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Polda Metro Jaya masih mencari pelaku vandalisme serta perusakan pagar Halte Tosari, Jakarta Pusat saat May Day. Polisi sudah mengecek video yang merekam aksi tersebut dan kini para pelaku vandalisme diburu.

"Jadi kita sudah mendapatkan video yang sudah kita dapatkan. Tim sedang bergerak, sedang melakukan penyelidikan dan sampai sekarang masih bekerja. Kita tunggu saja dari anggota tim yang sedang bergerak," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Polisi sambung Argo juga berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta terkait kamera CCTV di beberapa titik lokasi yang merekam tindakan vandalisme tersebut. Polisi masih berupaya mengidentifikasi pelaku.

"Jadi kita tidak bisa berandai-andai. Kita harus dari keterangan pelaku atau keterangan saksi. Kita masih bekerja dan semuanya tidak menutup kemungkinan ya misalnya ada kaitan dengan kota lain, tidak menutup kemungkinan ya, bisa iya, bisa tidak," kata Argo.





"Kalau pelaku sudah ketangkap kita akan tahu nanti siapa, dari kelompok mana, siapa yang nyuruh bisa kita kembangkan di sana," sambungnya.

Massa berbaju hitam-hitam itu berada di tengah massa buruh pada saat aksi May Day di dekat Halte Tosari, Jakarta Pusat, Rabu (1/5). Dalam sebuah video yang beredar, massa tersebut membawa bendera hitam dengan tulisan lambang 'Anarki'.





Kericuhan yang dilakukan oleh massa berbaju hitam-hitam ini juga terjadi di Bandung dan Makassar. Polisi sudah membentuk tim khusus untuk mendalami apakah gerakan mereka ini juga berkaitan dengan kelompok serupa yang ada di Bandung dan Makassar.



Tonton video Aksi Buruh Rusak Fasilitas Transjakarta, Anies Serahkan ke Aparat:

[Gambas:Video 20detik]


(sam/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed