DetikNews
2019/05/03 08:28:02 WIB

Round-Up

Komparasi Era Ahok vs Anies Mengemuka Pasca Banjir Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Komparasi Era Ahok vs Anies Mengemuka Pasca Banjir Jakarta Foto: Anies cek pintu air di Jakarta (Instagram Anies Baswedan)
Jakarta - Banjir yang melanda sejumlah wilayah DKI Jakarta beberapa waktu lalu memunculkan komparasi cara penanganan antara Gubernur Anies Baswedan dan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Bagaimana ceritanya?

Pada Jumat (26/4/2019), wilayah Jakarta Timur seperti Cawang hingga Bidara Cina tergenang banjir dengan ketinggian bervariasi. Sementara itu, wilayah Jakarta Selatan seperti Pejaten Timur, Srengseng Sawah, Lenteng Agung dan Pengadegan juga terendam air. Bahkan, wilayah Pejaten Timur dikepung air dengan ketinggian mencapai 3,7 meter.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan banjir yang menerjang merupakan air kiriman dari hulu. Selain itu, Anies menyebut yang terendam banjir hanyalah wilayah daerah aliran sungai.

"Ya insyaallah sejauh ini kan tidak ada, Jakarta sendiri kan aman. Kita menerima kiriman air dari hulu. Apakah Jakarta tergenang? Tidak," ucap Anies di Kebagusan, Jakarta Selatan, Minggu (28/4/2019).


"Yang terdampak adalah daerah aliran sungai, tapi di luar daerah aliran sungai tidak ada genangan, tidak ada banjir," imbuh Anies.

Saat itu Anies menyatakan Pemprov DKI sendiri telah melakukan sejumlah langkah untuk menangani banjir tersebut. Sampah-sampah di Pintu Air Manggarai, yang disebut Anies bukan sampah warga DKI, terus dibersihkan. Selain itu, dia menyebut pihaknya akan memasang saringan di luar Jakarta agar sampah tidak memasuki sungai.

Komparasi penanganan banjir ala Anies dan Ahok lantas mengemuka. Semua berawal saat wartawan menanyakan kepada Anies soal saran Ahok dalam penanganan banjir.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed