DetikNews
Jumat 03 Mei 2019, 08:10 WIB

Tersangka Kasus Proyek Buku di Papua Balikin Duit Negara Rp 400 Juta

Tim detikcom - detikNews
Tersangka Kasus Proyek Buku di Papua Balikin Duit Negara Rp 400 Juta Ilustrasi (dok.detikcom)
Jayapura - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Biak Numfor, Papua menerima pengembalian uang sebesar Rp 400 juta. Duit sebanyak itu dari tersangka korupsi pengadaan buku pelajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Supiori berinisial AT.

"Uang titipan tersangka korupsi pengadaan buku pelajaran Dinas Pendidikan Supiori AT sudah disimpan di kas negara," ungkap Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Biak Cahya Bagus Sugiarta sebagaimana dilansir Antara, Jumat (3/5/2019).


Ia mengakui meski tersangka telah mengembalikan uang hasil tindak pidana korupsi tetapi berkas perkaranya tetap akan dilanjutkan ke Pengadilan Tipikor Jayapura. Kasi pidsus Cahyana Bagus mengakui adanya itikad baik dari tersangka AT untuk mengembalikan uang hasil tindak pidana korupsi pengadaan buku pelajaran di lingkup Dinas Pendidikan Supiori akan menjadi pertimbangan hukum khusus bagi bersangkutan.

Menyinggung kapan kasus korupsi buku Supiori dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jayapura, menurut Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Biak Cahyana Bagus, sesuai dengan jadwal akan segera dilimpahkan secepatnya karena berkas perkaranya sudah tahap kedua.

"Pelimpahan berkas perkara kasus korupsi pengadaan buku pelajaran dinas pendidikan Supiori sudah masuk dalam jadwal, ya ini masalah waktu saja untuk dilimpahkan dan disidangkan di Pengadilan Tipikor Jayapura," ungkapnya.


Berdasarkan data perkara tindak pidana korupsi pengadaan buku Kurikulum 2013 tahun anggaran 2014 Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Supiori untuk 40 SD se-Kabupaten Supiori dengan tersangka AT (rekanan) dan PM (mantan Kadis Pendidikan) sesuai hasil audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jayapura terdapat kerugian negara sebesar Rp 1,7 miliar dari total anggaran mencapai Rp 2,2 miliar.


(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed